Kecewa, Warga Tanam Pisang Di Jalan

HL-Andalas---Jalan-berlobang-di-tanam-batang-pohon-pisang

Jalan berlobang di tanam batang pohon pisang

BANYUASIN|KS-Rusaknya kondisi jalan di Jalan Lintas Timur (Jalintim), tepatnya di Kelurahan Kayu Are Kuning, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin membuat sejumlah warga marah.

Kemarahan warga dilampiaskan dengan ditanamnya pohon pisang di lobang tepat di tengah jalan. Selain sebagai bentuk kekecewaan, ditanamnya pohon tersebut untuk memberikan tanda agar warga yang melintas harus ekstra hati-hati.

Soni (32), warga sekitar  mengakui jika lubang tersebut sudah banyak memakan korban luka akibat banyak motor yang terjatuh akibat lobang yang berada di tengah jalan khususnya pengendara motor. Sementara, pemerintah belum ada upaya untuk memperbaiki kerusakan jalan tersebut.

“Saya cuma kasihan dengan pengendara motor, kalau yang pake mobil kita tidak terlalu hawatir, Karena yang sudah banyak menjadi korban tersungkur hingga luka-luka adalah pengendara roda dua. Setiap hari pasti ada yang jatuh disana,” keluhnya

Menurut dia,  rusaknya jalan tersebut awalnya hanya sedikit, yaitu pada aspal jalan yang sedikit menonjol, karena labil. Tetapi, beberapa waktu yang lalu ada petugas yang menggali aspal untuk meratakannya. Sayangnya, hal itu justru semakin membuat lubang semakin besar dan dalam.

“Saya hanya ingin lubang itu cepat diperbaiki, paling tidak mengurangi kedalamannya. Saya tidak tega, melihat dengan mata kepala sendiri, banyak yang kecelakaan disana. Mudah-mudahan dengan aksi menanam pohon pisang ini, pemerintah tergugah dan segera membenahinya,” harapnya.

Senada juga dikatakan Yon, warga yang melintas. Menurutnya, dilokasi yang mereka tanami pisang itu sudah sering menelan korban luka-luka

“Dalam dua hari ini saja sudah dua kali  terjadi kecelakaan lalulintas, yang terparah kemarin luasa motor terbalik hingga pengemudinya mengalami luka-luka. Untung saat itu tidak ada korban jiwa,” kata Yon.

Ditambahkannya bahwa aksi yang dilakukannya itu adalah aksi spontanitas, yang dilakukan dirinya bersama warga disekitar

“Kedalaman lobang di jalan ini cukup parah Mas, kalau ada motor yang masuk ke dalam lobang tersebut, dipastikan motor itu akan terbalik. Demikian juga dengan mobil, kalau salah satu bannya masuk ke dalam lobang,” jelas Yon.

Ditambahkan Anila (34), dirinya berharap kepada pemerintah agar memberikan solusi yang lebih baik. “Kalau masih lama perbaikannya, jalannya yang dibuat seperti ini Pak, kasihan kami warga di sini juga kasihan para pengguna jalan. Karena mereka pasti akan terjebak ke dalam lobang,” sambungnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas PU Bina Marga,  Umar mengatakan, jalan tersebut sebenarnya merupakan jalan negara yang berada di Kabupaten Banyuasin. Soal kondisi jalan berlobang, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan PU Bina Marga Sumsel.

Sementara Kasat lantas Banyuasin AKP  Sukamto dilokasi penanaman batang pisang  tersebut terkesan enggan berkomentar dengan peristiwa penanaman pohon pisang tersebut.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *