Usai libur Idul Adha,Hampir 100 Persen PNS Bolos Kerja

pns

PAGARALAM|KS-Hari pertama masuk kerja setelah libur cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriyah sejak tanggal 13 Oktober lalu, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Pagaralam ternyata tidak masuk 100 persen. Disinyalir, sejumlah pegawai yang tak masuk kerja dengan berbagai alasan, baik itu tanpa keterangan, izin, sakit hingga mengulur masa cuti libur.

Berdasarkan informasi yang didapat, Rabu (16/10), memasuki hari pertama menjalankan aktifitas kerja ini sepertinya sedikit kurang pengawasan terhadap abdi masyarakat ini oleh jajaran Pemkot Pagaralam.

Jika menyimak kegiatan sebelumnya, usai libur panjang atau cuti bersama biasanya sering dilakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang ada khususnya yang ada di komplek perkantoran. Sementara sebelumnya telah dilakukan pembentukan tim khusus untuk memonitor disiplin pegawai yang ada di tiap-tiap satker.

Kabag Ortala, Heri Mulyono melalui Kasubag Kepegawaian dan Analisa Jabatan Robin mengakui, di hari pertama masuk kerja khususnya di lingkungan sekretariat Pemkot Pagaralam belasan PNS mangkir kerja.

“Hal itu terlihat di pendataan khususnya dilingkungan kesekretariatan, mereka yang tak masuk kerja di hari pertama tanpa keterangan (alpa, red) sebanyak 3 orang, izin 8 orang, sakit 2 orang, sedangkan mengulur libur alias cuti 3 orang termasuk salah satunya adalah pejabat eselon IV sebagai kabag,” sebut Robin.

Sementara itu,  Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pagaralam Yapani Rahim melalui Sekretaris Suparman didampingi Kasubag TU Juniko saat dikonfirmasi menjelaskan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan terkait data hadir masuk kerja PNS di hari pertama menjalankan tugasnya setelah cuti bersama Idul Adha.

“Meski begitu, kita belum mendapatkan laporan absen pegawai  dari masing-masing SKPD yang ada, sebab kita tidak mendapatkan instruksi langsung dari atasan untuk melakukan mendata kehadirian PNS di hari pertama ini. Dengan kata lain, SKPD yang ada tidak melapor absen harian pegawai,” terangnya.

Untuk data absen pegawai, sambung Juniko, pihak BKD hanya menerima laporan bulanan saja. “Pastinya, bila ada instuksinya maka akan kita lakukan rekap data PNS yang tak hadir dan kita laporkan,” ujarnya.

Terpisah, Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni MKes melalui Sekda Drs Saprudin MSi mengatakan, dirinya tak menampik di hari pertama masuk kerja ini ada temuan sejumah PNS masih ada yang belum hadir dengan berbagai keterangan.

“Mengenai kedisplinan pegawai, kita akan melakukan pendataan dengan meminta laporan absen dari tiap-tiap SKPD yang ada. Bagi yang bolos tetap akan kita sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” singkatnya.

Teks : Antoni Stefen

Editor  : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *