Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Siapkan TPS Tambahan

kpu

Foto : DOK INT

PAGARALAM, KS—Jelang Pemilihan Umum anggota DPRD, DPR, DPD, tahun 2014 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kota Pagaralam, menyiapkan sebanyak 450 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 35 Kelurahan se-Kota Pagaralam.

Demikian dikemukakan Ketua KPU Kota Pagaralam, Ubaidillah Zuhri SSos melalui Divisi Teknis Yenli Elmanoferi SE, kemarin.

Menurutnya, sebanyak 450 TPS yang disiapkan ini nantinya akan mengakomodir jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 101.391 jiwa. Sementara hasil evaluasi pada pelaksanaan pilkada Walikota dan Wakil Walikota beberapa waktu lalu hanya memiliki 353 TPS, sedangkan proses penghitungan Jumlah suara pada tiap TPS yang ada dinilai kurang efektif dan efesien.  Mengingat  waktu yang dibutuhkan  cukup lama bila jumlah pemilih mencapai hingga 400 orang.

“Untuk itu, KPU Kota Pagaralam melakukan penambahan TPS pada daerah yang memiliki jumlah pemilih yang banyak. Selain itu, langkah ini dilakukan demi mengedepankan efesiensi waktu dalam proses penghitungan hasil suara sah tiap-tiap calon yang ada,” ujar Yenli.

Ia mengatakan, penambahan jumlah TPS ini lebih diutamakan pada jarak tempuh setiap TPS bagi tiap-tiap pemilih. Sehingga tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya diyakini dapat meningkat.

“Jika melihat kejadian pada pilkada sebelumnya, banyak warga yang tak sempat menyalurkan hak pilihnya lantaran jauhnya jarak tempuh ke TPS. Semenytara dengan adanya penambahan TPS ini, diyakini tingkat partisipasi pemilih akan meningkat,” kata dia.

Lebih lanjut Yenli mengatakan, sebanyak 450 TPS itu sudah termasuk 2 TPS khusus, yaitu TPS di RSD Besemah dan TPS di Lembaga Kemasyarakatan (LP). Adapun jumlah TPS yang ada diantaranya, untuk Dapil satu Pagaralam Utara sebanyak 118 TPS. Dapil dua Pagaralam Selatan sebanyak 152 TPS.

“Sedangkan Dapil tiga, yakni Dempo Utara sebanyak 75 TPS, Dempo Tengah sebanyak 51 TPS dan Dempo Selatan sebanyak 52 TPS,” katanya seraya menjelaskan dengan adanya penambahan TPS ini, diharapkan tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya dapat meningkat.

 

Teks: Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *