Timsel Tunggu Hasil Psikotes

Ilst. Test Psikotes

Ilst. Test Psikotes

PALEMBANG, KS-Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang,  sementara menunggu hasil psikotes untuk 144 calon komisioner. Sekretaris Timsel KPU Palembang, M Akbar mengatakan, saat ini hasil tes tertulis dan kesehatan para calon komisioner telah ada di tangan timsel.

“Psikotes sendiri, baru tadi kita laksanakan.  Ada 144 calon komisioner yang mengikutinya, ujiannya dilaksakan oleh badan independen dan terpercaya “Abdi Nusa” di Gedung Stisipol Chandra Dimuka,” jelas Akbar ketika dibincangi, Rabu (16/10).

Tes sendiri jelasnya, dilakukan dua sesi yakni, sesi pertama soal tertulis dan sesi kedua Forum Group Discusi (FGD). “Psikotes ini cenderung, ingin melihat ketahanan mental calon, karena soalnya banyak dan ada diskusi kelompok. Bagaimana mereka bisa bekerja dibawah tekanan dan mengambil keputusan yang tepat,”ucapnya.

Namun timsel baru akan mengumumkan siapa calon komisioner yang lolos 20 besar, setelah menerima hasil psikotes para calon komisiner. Rencananya timsel KPU Palembang, akan melakukan pleno secara bersamaan untuk tes tertulis, kesehatan, dan psikotes.

“Rencananya tanggal 22 Oktober kami sudah terima hasil tesnya (psikotes), maka kemungkinan besar pada 23 Oktober kami rapat pleno, dan 25-26 Oktober akan diumumkan calon komisioner yang lolos,” ujarnya.

Nanti setelah diumumkan calon yang lulus dan di publikasikan ke masyarakat, pihaknya juga akan menerima tanggapan dari masyarakat soal rekam jejak calon. “Pada tahap ketiga, yakni tes wawancara setelah didapat 20 besar calon, kita juga minta klarifikasi kepada calon terkait tanggapan masyarakat yang masuk,” sebut Akbar.

Ia mengatakan, tanggapan masyarakat terhadap para calon anggota KPU bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh tim seleksi dalam menetapkan 10 calon anggota KPU Palembang yang akan diusulkan ke KPU Sumsel sebagai anggota KPU Palembang 5 tahun kedepan.

Penetapan 10 calon anggota KPU Palembang, katanya, akan diumumkan pada akhir Oktober atau awal November 2013 lewat media. Kemudian sebanyak 10 nama calon anggota KPU Palembang hasil seleksi tersebut, akan diusulkan kepada KPU Provinsi Sumsel untuk dipilih lima nama calon anggota KPU Palembang lewat tes dan uji kelayakan.

Lebih lanjut, menurutnya Timsel KPU Palembang akan berusaha transparan dan tidak akan mengakomodir titipan pihak-pihak tertentu untuk meloloskan calon tertentu. “Timsel akan objektif, dengan melihat hasil keselurahan dan sebagai panduan yang ada,”tuturnya.

Sementara salah satu peserta, Yudha Mahrom mengaku tidak mengalami kesulitan dalam tes psikotes tersebut, karena sudah pengalamanan. “Allhamdullilah saya tidak mengalami kesulitan di tes ini, dan saya yakin hasilnya akan bagus,”pungkas Yudha yang sekarang masih menjabat komisioner KPU Palembang ini.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *