TIMNAS RAIH POIN PERDANA

Inodesia-1---1-Cina

Foto : Google Image

JAKARTA KS – Tim Nasional Indonesia berhasil memaksa Cina bermain imbang 1-1 pada matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (15/10) malam. Timnas pun berada di dasar klasemen dengan mengoleksi satu poin.

Sedari awal permainan, Pelatih Jacksen F Tiago mengandalkan duet Boaz dan Greg Nwokolo dalam laga ini. Duet tersebut ditopang oleh kuartet Ahmad Bustomi, Taufiq, dan Slamet Nurcahyono di lini tengah.
Namun begitu, di 15 menit pertama, Indonesia bermain dalam tekanan. Beberapa kali, gawang Garuda yang dikawal oleh I Made Wirawan mendapatkan ancaman dari Cina yang lebih menyerang dari sektor sayap.
Ketika menguasai bola, Indonesia juga sulit menembus kotak penalti Cina. Indonesia bermain terlalu terburu-buru dengan melepaskan long pass yang kerap tak tepat sasaran. Tidak hanya itu, Indonesia juga sering kali melakukan kesalahan saat melepaskan umpan kepada rekannya.
Pada 15 menit pertama, Boaz terlihat bertukar posisi dengan Greg. Saat ini, pemain Persipura tersebut bermain di sisi kiri. Indonesia terlihat bermain lebih sabar dengan memeragakan umpan-umpan pendek. Agaknya, usaha itu harus kandas karena kesalahan yang dibuat pemain Indonesia sendiri. Pada menit ke-23, misalnya, Taufik berhasil mengirimkan bola kepada Tinus Pae. Tetapi, Tinus kurang sempurna saat mengembalikan bola kepada Taufik.
Bola berhasil dicuri oleh salah satu pemain Cina dan kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti Indonesia. Beruntung, peluang tersebut gagal diselesaikan oleh Cina.
Cina tak membiarkan Indonesia mengembangkan permainannya. Sebuah tembakan keras Yang Hao yang dilepaskan dari luar kotak penalti nyaris menjadi malapateka bagi Indonesia pada menit ke-30. Namun, bola hasil tembakan Yang Hao masih membentur kepala Victor Igbonefo.
Gawang Indonesia akhirnya benar-benar kebobolan tiga menit kemudian. Salah satu pemain Cina di dalam kotak penalti Indonesia berhasil melepaskan umpan pendek kepada Wu Xhi setelah mengecoh Victor. Wu Xi dengan tenang berhasil menyarangkan bola.
Yu Dabao berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan bola rebound dari tendangan bebas salah satu pemain Cina. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena menilai Yu Dabao sudah terperangkap offside. Hingga turun minum, Indonesia tetap tertinggal 0-1.
Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-67 berkat gol yang diciptakan Boaz. Gol berawal dari kecerdikan Ahmad Bustomi memberikan bola kepada Boaz dengan kepalanya. Bola umpan dari Bustomi tersebut langsung disambut Boaz dengan sepakan keras yang membuat bola bersarang ke tengah gawang Cina.
Jacksen kembali melakukan perubahan setelah kedudukan imbang 1-1. Pelatih berkebangsaan Brasil tersebut memasukkan Vendry Mofu untuk menggantikan Bustomi.

Menit ke-80, Indonesia memiliki peluang emas melalui penetrasi Ruben Sanadi yang berhasil menembus kotak penalti Cina. Namun, bek Persipura tersebut terlalu buru-buru melepaskan tembakan sehingga bola melayang di atas mistar gawang Cina.

 

Teks:Rinaldi Syahril

Editor:Imron Supriadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *