Kapolres : Segera Bentuk Polisi Pelajar

polisi-cilik-muara-enim

Polisi cilik muara enim. / Foto : DOK INT

MUARA ENIM I KS – Melihat beragam torehan prestasi yang dipersembahkan oleh Polisi Cilik Muaraenim (PCM), binaan Satuan Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres), Muaraenim. Polres Muaraenim berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Muara Enim melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Muaraenim akan membentuk Polisi Pelajar.

“Tingginya minat pelajar khususnya pelajar tingkat Sekolah Dasar untuk bergabung di PCM. Atas dasar inilah, mendorong kita untuk membentuk polisi pelajar,” tutur Kapolres Muaraenim, AKBP Mohamad Aris melalui Kasatlantas Polres Muara Enim, AKP Tommy Bambang Soiussa Sik, kepada Kabar Sumatera, Senin (14/10).

PCM didirikan, kata Tommy, pada 28 Agustus 2012 lalu, dimana awalnya bernama Polisi Sahabat Anak (Polsanak) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), hingga Juli 2013 lalu peserta PCM berjumlah 82 orang PCM angkatan kedua dari 1.250 peserta seleksi yang berasal pelajar tingkat SD  dari Kecamatan Muaraenim dan Kecamatan Lawang Kidul.

Diungkapkannya, sejak terbentuknya PCM telah tampil pada berbagai kegiatan atau even, mulai dari tingkat Kabupaten Muaraenim hingga tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun kegiatan yang diikuti antaranya, Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muaraenim di halaman Kantor Pemkab Muaraenim, Olimpiade Olaharaga Siswa Nasional (O2SN) di Gedung Olahraga (GOR) Pancasila Muaraenim, HUT PTBA 2013 di halaman Kantor PTBA Tanjung Enim, Pembukaan Pameran Tehnologi Tepat Guna (PTTT) 2013 di GOR Pancasila Muaraenim dan Pembukaan Perkemahan 10.000 peserta di Taman Hutan Rakyat Kalamudin Muaraenim

Selanjutnya, terang Tommy, Kunjungan Kerja Bapak Kapolda Sumsel di Halaman Mapolres Muaraenim, HUT Bhayangkara 2013 di Polda Sumsel Palembang serta Lomba Patroli Keamanan Sekolah dalam rangka HUT Polantas tahun 2013 di GOR Pancasila Muaraenim.

“Dari berbagai penampilannya, PCM Muaraenim semakin dikenal masyarakat. Bahkan, setiap kali mereka tampil terlihat antusias masyarakat sangat besar untuk menyaksikannya,”ucap dia.

Masih menurut Tommy,melalui kerjasama dengan Disdik Kabupaten Muaranim dan prestasi serta minat tinggi inilah PCM akan ditingkatkan menjadi Polisi Pelajar Muaraenim Tingkat II. Yakni, gabungan pelajar tingkat SMP/Sederajat dan Polisi Madya yang merupakan gabungan pelajar tingkat SMA/Sederajat.

“Di tahun berikutnya, kita tidak hanya akan membentuk PCM. Namun juga Polisi Pelajar dan Polisi Madya. Kami harap, setelah mengikuti PCM anak-anak dapat semakin giat  belajar disiplin, mandiri dan semakin berprestasi,” harap Tommy.

Adapun jadwal latihan PCM, tambah Tommy, setiap Minggu pukul 08.00 – 11.00 WIB dihalaman Mapolres Muaraenim dan pukul 15.00– 17.00 WIB di Kamar Bola PT. Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA Tanjung Enim di bawah bimbingan Kanit Dikyasa Aiptu RTM  Situmorang  dan anggotanya.

Adapun sejumlah materi yang diberikan kepada anggota PCM diantaranya materi mengenai etika meliputi sopan santun, norma agama, disiplin, kemandirian, cara makan yang baik, cara melipat pakaian dan cara melipat seprai. Kemudian, latihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB), formasi, senam lantas, drill tongkat Polri, drill borgol, seni bela diri, 12 pengaturan lalu lintas dan pengenalan rambu-rambu lalu lintas. Bahkan, para anggota PCM juga diajarkan Tindakan Pertama- Tempat  Kejadian Perkara (TP-TKP) Lantas.

Untuk sebagai penunjang kegiatan PCM sambungnya PCM diberikan makanan ringan (snack), seragam olahraga, sepatu, topi, dan seragam PCM. “Semoga dengan kegiatan ini dapat membangun karakter dan pendidikan masyarakat dalam menanamkan tertib lalu lintas sejak usia dini. Dan diharapkan, pada beberapa tahun kedepan akan memberikan dampak yang besar kepada masyarakat tentang tertib lalu lintas,” pungkas Tommy.

Teks : Siswanto

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *