H-1 Idhul Adha, Pasar Pagi Betung Melebar

Pedagang-Ayam-Potong-di-Pasar-Pagi-Betung

Pedagang Ayam Potong di Pasar Pagi Betung. / Foto : Diding Karnadi KS

BANYUASIN KS – Sepertinya sudah menjadi tradisi, luas Pasar Pagi Betung yang berada di Jalan Lintas Timur, Kelurahan Betung, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin berubah melebar lantaran diserbu ratusan pedagang tahunan, yang sengaja menjajakan barang daganganya pada setiap lebaran.

Selain itu juga, para memiliki kios di los pasar pun turut serta ambil bagian membuka lapak baru di sekitar lokasi para pedagang musiman

Salah seorang pedagang ayam potong, Syam, saat dibincangi wartawan mengatakan, melebarnya pasar tersebut bukan sepenuhnya dipenuhi oleh para pedagang musiman namun dipengaruhi juga oleh para pedagang yang sudah memiliki los namun membuka lapak baru disekitar para pedagang musiman.

“Alasannya, lokasi kios miliknya berada di bagian belakang sehingga jarang dikunjungi oleh pembeli,” ungkapnya, kemarin.

Syam mengatakan, dirinya tidak ada niatan untuk membuka lapak baru di sekitar para pedagang musiman losnya paling belakang. “Kalau saya tetap akan bertahan di kios ini sekalipun lokasinya di belakang,” tuturnya.

Dirinya berharap, Pemkab Banyuasin melalui dinas terkait seperti Dinas Perdagangan, Dinas Pasar dan Dinas Perhubungan untuk menertibkan para pedagang yang berada dipasar tersebut agar lebih tertib dan teratur.

“Kalau dibiarkan terus seperti saat ini, Pasar Pagi Betung akan mengalami kemunduran bahkan bisa bangkrut semua karena akibat melebarnya lapak para pedagang musiman. Bagaimana para pedagang yang memiliki kios ini bisa  untung kalau para  pedagang musiman ini jualnya bisa lebih murah dan mudah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Pagi Betung, Yakup kepada wartawan membenarkan ada pedagang dadakan pada setiap raya Idul Adha yang berjualan di lokasi kekuasaan Dinas Perhubungan.

“Dengan adanya pedagang dadakan itu tentu akan membuat para pedagangnya banyak mengalami penurunan omset penjualannya, karena para pedagang dadakan itu membawa barang dagangan sama dengan yang dijual pedagang di pasar pagi ini dan pengaruh itu jelas omset penagihan retribusi pun menurun,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Banyuasin SA Supriono belum lama ini mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pembenehan terhadap seluruh pasar termasuk pasar pagi betung

“Untuk pasar pagi betung Rencananya Dalam waktu dekat ini  akan kita tata sedemikian rupa sehingga tidah ada lagi yang merasa dibelakang dan di depan,” tukasnya.

 

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *