Guru Dilibatkan Tes CPNS

guru-tes-cpns

Guru tes CPNS. / Foto : Google Image

PALEMBANG, KS – Sejumlah guru akan dilibatkan dalam tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari jalur honorer kategori dua (K2), yang akan berlangsung pada 3 November mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palembang, Kurniawan, kemarin.

Ia menyebut, BKD sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang,  dalam pelibatan guru untuk mengawasi seleksi CPNS dari jalur honorer K2 yang di ikuti 1.574 peserta tersebut.

“Tidak hanya meminta izin melibatkan guru sebagai pengawas, kita juga minta izin ke Disdikpora untuk menggunakan gedung sekolah yakni SMAN 10 Palembang dan SMPN 18 Palembang,  sebagai tempat tes,” jelas Kurniawan yang dibincangi saat menghadiri open house di kediaman Wali Kota Palembang, Romi Herton, Selasa (15/10).

Kurniawan menambahkan, guru yang diperbantukan untuk mengawasi tes seleksi CPNS tersebut berasa dari tiga sekolah yang gedungnya dipakai sebagai lokasi tes. “Pengawasan terhadap seleksi CPNS ini, tidak hanya melibatkan guru. Pengawas juga nanti ada dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB),” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kota Palembang, Zulinto menambahkan, jumlah guru yang akan mengawas belum terdata. Selain itu, Disdikpora kini tengah menunggu petunjuk teknis, untuk pembekalan para pengawas.

Pembekalan akan dilakukan tiga hari, sebelum pelaksanaan tes CPNS. “Pembekalannya akan dilaksanakan di Disdikpora, tapi kita masih menunggu arahan selanjutnya. Namun yang pasti saat ini, untuk gedung semuanya sudah siap, dan seluruh lokal akan digunakan,”bebernya.

Sedangkan untuk soal yang akan diujikan bebernya, baru di distribusikan pada 25 Oktober mendatang. Soal tersebut akan dikirim langsung oleh Kemenpan & RB ke BKD Sumsel, barulah kemudian di distribusikan ke kabupaten dan kota di Sumsel.

“Untuk pengamanannya, nanti saat distribusi soal akan di kawal oleh anggota kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP). Soal tersebut setelah sampai di kita, akan di inapkan satu malam di BKD,” ujarnya.

Pada tes CPNS kali ini ungkap Zulinto, tidak ada kuota tetap berapa yang akan diterima. Hal ini disebabkan ada standar nilai (passing grade) yang ditentukan oleh Kemenpan dan RB serta konsorsium.

Karena itu hanya peserta yang mampu menembus passing grade, yang akan diterima dan diangkat sebagai PNS. “Sementara bagi peserta yang tidak mampu melewati standar tersebut, dan tidak diangkat, kemungkinan masih akan dipertahankan di SKPD bersangkutan. Namun dengan catatan, bahwa honorer tersebut memiliki kinerja baik, dan memang dibutuhkan. Sedangkan sejauh ini, belum ada wacana untuk penerimaan PNS dari jalur umum untuk tahun 2014 mendatang,”tukasnya .

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *