Bupati Banyuasin Sidak ke Dinas

Bupati Banyuasin Yan Anton saat melakukan sidak

Bupati Banyuasin Yan Anton saat melakukan sidak

BANYUASIN|KS-Untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai, Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian  melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah dinas di komplek Perkantoran Banyuasin, Rabu (16/10).

Sidak tersebut didampingi Wakil Bupati Supriono, Kepala BKD Meldi. Bupati mulai sidak sekitar pukul 14.00 wib usai istirahat siang, di mulai dari Badan Lingkungan Hidup, kemudian ke Dinas Pendidkan, PU Pengairan, Dinas Kesehatan, DPPKAD dan sejumlah dinas lainnya.

Bupati Banyuasin Yan Anton mengatakan sidak tersebut dilakukan dalam rangka pasca libur Idul Adha, untuk mengaktifkan kembali kinerja pegawai. Hal itu dikarenakan pegawai jangan sampai terlena lantaran hari libur, hingga pelayanan terhadap masyarakat terbengkalai.

“Sidak seperti ini akan menjadi kegiatan rutin. Tapi tidak mesti saya dan wabup yang turun ke lapangan. Kepala SKPD harus lebih aktif mengontrol agar menumbuhkan kesadaran diri untuk bersikap disiplin,” jelasnya.

Ditambahkan Wakil Bupati Supriono, dalam waktu dekat setiap dinas akan dilengkapi dengan absensi sdik jari. Sejumlah dinas sudah ada yang menggunakan, namun masih banyak juga yang belum.

“Sekarang masih dilakukan pendataan ulang pegawai, nanti servernya ada di Badan Kepegawaian Daerah yang langsung mengontrol kehadiran pegawai,” katanya.

Pantauan di lapangan saat di datangi Bupati, sejumlah dinas sudah nampak sepi pegawai. Entah sudah pulang duluan, atau benar-benar tidak masuk pasca hari raya idul Adha.

Seperti di Dinas Pekarjaan Umum Perairan, hanya sedikit pegawai yang hadir. Parahnya lagi, saat bupati hendak masuk ke ruang Kabid Perencanaan, pintunya terkunci. Untungnya Kadis PU Perairan Yos Karimun ada di tempat.

“Di kantor kami dilarang merokok, kalau mau merokok harus ke luar, Itulah pegawainya banyak yang keluar gak ada di kantor,” guraunya kepada bupati.

Kemudian di kantor Dinas Pendidkan,  Kepala Dinas, Ayuhana Awam tidak terlihat di kantor. Saat dikonfirmasi melalui HP mengatakan sedang dinas luar. “Saya lagi DL, tapi ada sekretaris dan kabid. Pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasan,” ungkapnya.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *