Awas, Jalan Lintas Sumatera Berdebu

Pengguna Jalan Saat Melintasi Jalur Berdebu Tampak Hati-Hati saat melintas karena takut pengendara dibelakangnya terkena debu

Pengguna Jalan Saat Melintasi Jalur Berdebu Tampak Hati-Hati saat melintas karena takut pengendara dibelakangnya terkena debu

Lahat|KS-Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), yang merupakan akses Kabupaten Lahat menuju Kota Pagaralam, Lintang Empat Lawang, Lubuk  Linggau dan Bengkulu saat ini kondisinya berdebu khususnya di Desa Jati, Kecamatan Pulau Piang, Kabupaten Lahat.

Debu tersebut berasal dari jalan yang rusak lantaran belum beraspal. Jalur tersebut sepanjang 40 meter, sehingga menyulitkan pengguna jalan, khususnya roda dua.

Penelusuran KS, sebelum jalur ini, ada juga akses jalan yang berdebu sepanjang 30 meter. Jalur tersebut masih berlubang yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi kecelakaan bagi pengguna jalan.

Disamping itu, di desa menuju Tanjung Sirih masih terdapat lobang di ruas jalan yang mempunyai kedalaman sekitar 30 cm dengan lebar bervariasi dari 30cm-1meter. Bahkan, motor KS nyaris terjerambat ke lubang.

Warga berharap adanya perhatian dari pemerintah untuk segera diperbaiki demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Selain jalan berdebu dan berlobang di Jalinsum inipun masih banyak terdapat bercak aspal yang menyerupai polisi tidur. Bercak aspal ini terdapat di jalur yang sangat membahayakan yakni terdapat pada jalan tanjakan dan tikungan sangat tajam yaitu terdapat di Desa Kuba Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya mengaku akibat debu jalanan mengakibatkan warung kecil miliknya tidak di buka seluruhnya lantaran takut barang dagangannya terkena debu akibat pengguna jalan yang menerobos jalur tepat di depan rumahnya.

“Belum nyampe sebulan jalur ini lah rusak, padahal sebelumnya sudah di aspal, Ngaspalnya tipis sekali, belum sempat keras aspalnya sudah dilalui mobil besar. dan diguyur hujan. Makanya rumah kami di penuhi debu terus,” keluhnya.

Selain itu, Jefri, pengguna jalan yang hendak pulang ke Lahat mengeluhkan keadaan Jalinsum yang berada di sepanjang Jalan Kecamatan Pulau Pinang. Dirinya pun sempat terjatuh saat melintas karena menghindar bebatuan dan lobang.

“Kami sebagai warga biasa tentunya hanya bisa berharap agar pemerintah segera memperbaiki jalan ini, agar pengguna jalan yang lewat nyaman dan tentram melintasi jalinsum kebanggan kita semua ini,” kata jefri.

Teks : Zumra

Editor : Joen KS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *