Aktivitas Hari Lebaran Sepi

PAGARALAM, KS— Kondisi aktivitas perekonomian selama Hari Raya Idul Adha 1434 H tergolong sepi. Sejauh ini tidak ada kegiatan ekonomi yang menonjol, selain pedagang-pedagang kecil dan warung-warung milik warga. Sementara beberapa pasar yang ada toko-toko terlihat tutup.

“Hari ini kami libur. Hari kedua lebaran nanti kami berencana kan berdagang kembali,” kata Eli Monita, seorang pedagang di Pasar Dempo Permai.

Selain itu, sejumlah angkutan pedesaan dan angkutan kota (Angdes/Angkot) yang biasa beroperasi dan menghubungkan Pagaralam dengan wilayah lain pun tidak terlihat beroperasi.

Semantara warga lebih memilih berada di tengah keluarga atau kerabatnya untuk merayakan lebaran bersama-sama.

“Saya memilih untuk tidak menarik angkutan, meningat ada keluarga yang berkurban sapi. Jadi saya membantu memotongnya,” kata Jufri, pengemudi angkutan.

Meski begitu, berbeda dengan para pengemudi ojek. Mereka masih terlihat di jalan raya dan terlihat meraup untung dari ketidakhadiran angkutan pedesaan atau perkotaan. Para penumpang yang naik kebanyakan memang berasal dari desa-desa di sekitar kota Pagaralam yang ingin mengunjungi sanak saudaranya.

“Alhamdulillah, penghasilan kali ini lumayan  banyak. Bahkan, ada yang sengaja minta di antar ke luar kota,” sebut Angga, warga Tebat Giri Indah yang sehari-harinya menjadi pengojek.

Aktivitas perekonomian pada perayaan Idul adha 1434 H, baik di kalangan tukang ojek maupun para pedagang mainan anak-anak di pasar Dempo Permai tampak ramai dikerubuti anak-anak yang ingin membeli dagangannya.

“Lumayan juga untungnya jualan seperti hari lebaran ini,” jelas Usman, seorang pedagang yang mengaku datang dari Bandung.

 

Teks: Antoni Stefen I Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *