Karyawati Money Changer Dihipnotis, 40 Juta Raib

Korban hipnotis saat melapor ke polisi

Korban hipnotis saat melapor ke polisi

PALEMBANG, KS – Chika Mardiana (20), warga Jalan R Soekamto, Kecamatan Ilir Timur II Palembang, mendatangi Polsekta IT II Palembang, Jumat (11/10), sekitar pukul 16.30 WIB.

Chika melapor karena baru saja ditipu seorang pria yang datang ke kantornya. “Dia pura-pura mau menukar uang dollar Amerika ke mata uang rupiah. Saya memang bekerja di perusahaan money changer,” kata Chika, di hadapan tim riksa Polsekta IT II Palembang.

Diungkapkan Chika, dirinya seakan tidak sadar alias dihipnotis selama melayani pria tersebut. Apa saja yang dikehendaki pria itu dengan mudah dituruti Chika. Iamenyadari itu di saat pria itu meninggalkan ruang kerja Chika.

“Mungkin dia punya ilmu hipnotis atau sulap yang bisa mempengaruhi lawan bicaranya. Jujur, saya benar-benar seperti tidak sadar saat berbicara dengan pria itu,” kata Chika,

Dijelaskan Chika di hadapan tim riksa Polsekta IT II Palembang, seperti pelanggan lainnya, pria yang belum diketahui identitas itu mulanya mendatangi Chika untuk menukar uang.

Ia lalu mengeluarkan uang US $ 410 untuk ditukarkan ke mata uang rupiah. Chika pun melayani pria itu. Tak tahu apa yang sudah dilakukan si pria itu, Chika mau-mau saja saat si pria itu meminta dirinya menyerahkan uang rupiah terlebih dahulu.

Seakan sudah dihipnotis, Chika tidak sadar saat pria itu meninggalkan kantor dengan membawa lari uang sekitar Rp 40 juta. “Saat saya sadar, pria itu sudah tidak ada lagi di hadapan saya. Saya juga tidak melihat dia meninggalkan sejumlah uang yang katanya akan ditukar,” kata Chika.

Kapolsekta IT II Palembang, Kompol Yoga Bagaskara, melalui Kanit Reskrim, Iptu Sabur, mengaku sudah menerima laporan korban. Chika sudah dimintai keterangan, berikut dengan seorang saksi mata.

“Laporan akan kita proses dan kita kembangkan. Belum tahu modus penipuan seperti apa yang sudah dilakukan pelaku,” kata Sabur.

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *