Jurnalis Kampus Kunjungi Kabar Sumatera

Kunjungan Mahasiswa IAIN RF yang Tergabung dalam Organisasi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah. ke Harian Umum Kabar Sumatera. (Jumat 11/10/2013)

Kunjungan Mahasiswa IAIN RF yang Tergabung dalam Organisasi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah. ke Harian Umum Kabar Sumatera. (Jumat 11/10/2013)

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang Jum’at (11/10) berkunjung ke Harian Umum Kabar Sumatera (KS). Hal ini dilakukan dalam rangkaian Pendidikan dan Latihan Dasar Jurnalistik (Diklatsarjur) XV yang berlangsung sejak 7-12 Oktober 2013.

Muhammad Ghufron, Ketua LPM Ukhuwah IAIN Raden Fatah Palembang mengatakan, kunjungan ke Harian Umum Kabar Sumatera untuk mendekatkan para peserta yang ikut dalam pelatihan dengan kegiatan jurnalistik para wartawan, khususnya di Kabar Sumatera.

“Kunjungan kita ke Kabar Sumatera untuk mengenalkan adik-adik peserta pelatihan dasar jurnalistik, agar bisa lebih mendalami apa itu jurnalistik. Setidak-tidaknya, adik-adik peserta dapat melihat dan bertanya langsung proses penyuntingan dan penataan surat kabar di Harian Kabar Sumatera,” ujarnya, saat berkunjung ke Kabar Sumatera.

Ghufron menambahkan, melalui kunjungan diharapkan jalinan silaturrahmi dan kerjasama dalam meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan juga akan terjadi dengan baik, terutama antara LPM Ukhuwah dan Kabar Sumatera. “Kunjungan ini juga dapat menjadikan pengalaman berharga bagi para peserta untuk betul-betul menjadi pelaku jurnalis, kalau nantinya mereka benar-benar akan terjun menjadi wartawan di media umum,” tegasnya.

Sementara itu, Manager Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) dan Umum Harian Kabar Sumatera, Sarono P Sasmito, mengatakan Harian Kabar Sumatera hingga saat ini baru berumur 8 bulan. Sebagai media yang baru muncul, menurut wartawan senior ini, ikut mengiringi prsaingan bisnis media di Palembang. “Tetapi sejak awal, kita menganggap media lain yang lebih dulu lahir sebagai mitra dalam mencerdaskan masyarakat melalui media. Mereka bukan kita sebut sebagai pesaing, tetapi mitra supaya sama-sama bisa membesarkan nama Palembang atau Sumsel,” ujarnya saat bertemu dengan 40-an mahasiswa peserta pelatihan jurnalistik.

Lebih lanjut, Sarono mengatakan Kabar Sumatera didirikan oleh para kreator yang sebelumnya sudah bergelut di dunia jurnalistik yang sudah cukup lama. Sehingga diharapkan, dengan kualifikasi jurnalis yang demikian, Kabar Sumatera akan mampu beriring dengan media-media lokal dan nasional yang lebih dahulu hadir di Indonesia, khususnya di Palembang Sumatera Selatan (sumsel).

“Kita menyadari bahwa Kabar Sumatera baru seumur jagung, namun rubrik dan isi berita, Insya Allah tidak kalah dengan media-media lainnya. Salah satunya, kita mempunyai edisi Jum’at dan Sabtu yang menjadi aikon dari Kabar Sumatera,” tegasanya.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini juga memberikan gambaran kepada adik-adik LPM Ukhuwah IAIN Raden Fatah Palembang untuk dapat menekuni dunia jurnalis.  “Untuk menjadi jurnalis jangan setengah-setengah. Artinya, ketika proses belajar dan pendewasaan diri ada kendala di tengah jalan jangan goyah. Komitmen dan konsisten ketika kita benar-benar menggeluti dunia jurnalistik. Ketika dunia semakin maju, dan kita dapat menguasai beberapa skill, maka kita tidak akan termarjinalkan di dunia saat ini. Kedepannya, kita bukan hanya jadi pelaku, tapi kita juga menjadi pemilik-pemilik media media yang tangguh. Namun, kuliah juga jangan ditinggalkan dan harus dikedepankan, karena itu adalah tujuan utama kita menuntut ilmu di perguruan Tinggi. Tinggal lagi bagaimana mengatur ritme kuliah dan belajar jurnalistik di LPM Ukhuwah,” ujarnya.

Sementara itu Manager Sirkulasi dan Iklan, H. Ahirman memberikan gambaran kepada adik-adik dari LPM Ukhuwah tentang strategi bisnis di media. Iklan adalah salah satu penunjang rekan berita di media untuk mengimbangi para pembaca koran.

Rombongan jurnalis muda LPM Ukhuwah, ditemui Manager Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Sarono P Sasmito, Manager Marketing dan Sirkulasi, H. Ahirman, Koordinator Litbang, Ahmad Maulana, dan sejumlah wartawan dan Karyawan Harian Umum Kabar Sumatera.

TEKS : TIM REDAKSI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




3 thoughts on “Jurnalis Kampus Kunjungi Kabar Sumatera

  1. Achmad Zatrinaldi

    Assalamualaikum, saya ahmad dari Universitas IAIN Raden Fatah izin bertanya Kepada Kabar Sumatera. Seandainya dari Universitas kami IAIN, adik-adik Jurnalistik menciptakan karya, (sebuah buku). Apakah Kabar Sumatera, mau Menerbitkan Buku dan Novel Karya Anak Mahasisiwa IAIN. agar Jurnalistik di kota Palembang ada talenta muda kedepanya. Sukses untuk Kabar Sumatera.

    Reply
  2. Achmad Zatrinaldi

    Assalamualaikum, saya ahmad dari Universitas IAIN Raden Fatah izin bertanya Kepada Kabar Sumatera. Seandainya dari Universitas kami IAIN, adik-adik Jurnalistik menciptakan karya, (sebuah buku). Apakah Kabar Sumatera, mau Menerbitkan Buku dan Novel Karya Anak Mahasisiwa IAIN. agar Jurnalistik di kota Palembang ada talenta muda kedepanya. Sukses untuk Kabar Sumatera.

    Reply
  3. Achmad Zatrinaldi

    Assalamu'alaikum Wr.Wb, Yang Terhormat Kabar Sumatera. Saya Ahmad zatrinaldi dari Universitas IAIN Raden Fatah. Izin bertanya Kepada Kabar Sumatera, Seandainya dari Mahasisawa kami ( IAIN Raden Fatah). Izin Kerja sama Menerbitkan Karya Anak Mahasisawa melalui, Media Kabar Sumatera. Agar dari kedua pihak Menjadi Talenta muda membangkitkan jiwa Jurnalistik kedepanya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *