Duet Ishak-Engga Bawa OKI Makin Maju dan Berkembang

Bupai-Ishak-Mekki-Saat-Menerima-Piala-Citra-Abdi-Negara

Bupai Ishak Mekki Saat Menerima Piala Citra Abdi Negara

Kayuagung-KS—Enam puluh delepan tahun, Ogan Komering Ilir telah berlari semakin cepat dalam pembangunan. Berbagai program pembangunan dinilai berhasil dan menyentuh langsung masyarakat di Kabupaten OKI yang memiliki julukan Bumi Bende Seguguk.

Adalah H. Ishak Mekki dan H. Engga Dewata, sosok yang tak lepas dari suksesnya geliat pembangunan di daerah ini. Melanjutkan program-program pembangunan para pendahulunya. Insinyur lulusan Fakultas Teknik Sipil, Unsri ini dipercaya masyarakat OKI.

Mulai dengan membangunan infrastruktur di kabupaten dengan luas lebih dari 19 ribu meter persegi, dimana 75 persen wilayahnya rawa-rawa adalah amat mendesak. Dengan tipologi ekologi rawa ini banyak wilayah cenderung terisolir dan bisa dijangkau hanya dengan transportasi air.

Di periode pertamanya, pembangunan fisik dan pelayanan infrastruktur jalan darat ke wilayah perairan adalah program utama Ishak. Dengan anggaran yang terbatas, Ishak langsung membangun sejumlah jalan dan jembatan, baik rentang pendek maupun panjang di OKI.

Hasilnya, kondisi jalan yang baik di Kabupaten OKI terus meningkat dari 13,5 persen  pada tahun 2004 menjadi 19 persen pada 2006. Desa yang menikmati aliran listrik pun kian bertambah dari 53,2 persen pada tahun 2004 menjadi 58,2 persen pada tahun 2006. Jalan poros Kayuagung-SP. Padang-Pampangan Tulung Selapan ia bangun. Jalan Kayuagung via Sepucuk ke Wahyuni Mandira terus diupayakan dan jalan Riding-Air Sugihan pun dirintis.

“Transportasi yang buruk jelas mempengaruhi ekonomi masyarakat, sebab biaya membeli kebutuhan lebih besar dibandingkan pemasukan, sebab ongkos transportasi yang mahal. Dengan transportasi yang lancar, biaya transportasi pun menurun, sehingga ada keseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan,” ungkap Ishak Mekki pada suatu kesempatan.

Keberhasilan pembangunan tidak hanya diukur melalui pembangunan fisik, melainkan juga pencapaian pembangunan non fisik yang  menekankan pada aspek pembangunan manusia bidang kesehatan masyarakat, pendidikan, pendapatan perkapita, angka kemiskinan dan jumlah pengangguran juga diperhatikan.

H. Ishak Mekki di nilai masyarakatnya mampu membawa daerah ini bangun dari ketertinggalan menjadi yang terdepan. Akhirnya, Ishak Mekki kembali dipercaya kembali memimpin OKI untuk periode kedua.

Pada 15 Januari 2009, H. Ishak pun dilantik kembali sebagai Bupati OKI berpasangan dengan H. Engga Dewata yang juga berpangalaman dalam mengambil kebijakan karena sebelumnya menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten OKI.

Photo-Utama-di-perbesar---Bupati-OKI,-H.-Ishak-Mekki-dan-Wabup-OKI,-H.-Engga-Dewata

Photo Utama di perbesar Bupati OKI, H. Ishak Mekki dan Wabup OKI, H. Engga Dewata

Ishak dan Engga melanjutkan visi misi sebelumnya yakni OKI Mandiri Sejahtera Beriman dan Berkualitas. Membangun SDM yang berdaya saing dengan landasan Iman dan Taqwa. Pembangunan Sumber Daya Manusia OKI yang berkualitas dengan dilandasi Iman dan taqwa menjadi prioritas Ishak dan Engga.

Kota Kayuagung dua kali berturut-turut meraih kembali Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan sebagai kota kecil yang tertib berlalu lintas.Secara keseluruhan ada sebanyak  lima puluh dua penghargaan berbagai kategori baik regional, nasional maupun internasional kita raih sejak tahun 2004.(ADV)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *