Satu Kecamatan Diawasi 3 Panwascam

panwasluPALEMBANG, KS-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palembang, akan menempatkan 48 pengawas kecamatan (panwascam) guna mengawasi pelaksanaan pemilihan umum legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2014 mendatang.

Artinya menurut Ketua Panwaslu Kota Palembang, Amrullah, di setiap kecamatan di Kota Palembag nantinya ada tiga pengawas yang di tugaskan mengawasi pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

“Mereka bertugas mengawasi tahapan-tahapan pada pileg dan pilres mendatang,” kata Amrullah dibincangi usai pelantikan Panwascam di Hotel Grand Zuri, Palembang, Kamis (10/10).

Tugas yang sudah menunggu panwascam jelas Amrullah, adalah mencermati daftar pemilih tetap (DPT) Kota Palembang untuk pileg 2014. Kemudian mengawasi pemetaan zona kampanyen pemasangan alat peraga kampanye sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan tahapan-tahapan lainnya yang sudah diatur KPU.

Mereka terang Amrullah, akan mulai bertugas sejak 10 Oktober sampai dengan dua bulan setelah pelaksanaan pilpres pada 2014 nanti. “Hari ini (Kamis), ada 46 panwascam yang kita lantik. Artinya, masih ada dua panwascam lagi, yang belum dilantik. Satu orang masih sakit, sedangkan satu lagi masih dilakukan verifikasi lagi,” tukasnya.

Sebelumnya,  Panwaslu Kota Palembang, Kamis (26/9) lalu melakukan seleksi panwascam. Pelaksanaan tes itu, digelar di di aula Kecamatan Ilir Timur I, Palembang. Dari 16 kecamatan yang ada di Kota Palembang, telah terjaring 166 orang peserta yang lulus seleksi administrasi di tahap sebelumnya. Dimana pada saat pelaksanaan tes tertulis peserta yang hadir hanya berjumlah 160 orang peserta.

Sebagai informasi, tahapan pemilu sendiri sudah dimulai sejak November 2012 lalu dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemungutan Suara Luar Negeri (PPLN ).

Saat ini sampai dengan Juni 2014 mendatang, masuk dalam tahapan sosialisasi, publikasi dan pendidikan pemilih. Pada 1 Februari-31 Maret 2014, barulah masuk tahapan distribusi logistik perlengkapan pemungutan suara ke provinsi, kabupaten dan kota.

Sementara untuk pelaksanaan kampanye sendiri, dimulai 11 Januari-5 April 2014, dilanjutkan audit dana kampanye pada  25 April-25 Mei 2014. Kemudian pada 6-8 April 2014 masuk dalam tahapan masa tenang.

Sementara pemungutan dan penghitungan suara dilakukan  9 Aprill 2014,  rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tingkat nasional 26 April-6 Mei 2014, penetepan hasil pemilu secara nasional 7-9 Mei 2014, penetapan partai politik memenuhi ambang batas 7-9 Mei 2014, dan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih tingkat nasional sampai kabupaten/kota pada 11-18 Mei 2014. Sementara untuk pelantikan anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota, DPR dan DPD dilakukan  Juni-September 2014

Teks : Dicky Wahyudi

Editor : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *