Pelantikan Gubernur-Wagub Habiskan Rp 850 Juta

 

alex-ishak

alex-ishakxx

PALEMBANG,  KS- Pelantikan Alex Noerdin – Ishak Mekki sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2013-2018, akan dilaksanakan secara sederhana pada 7 November mendatang.

Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan S. Basyeban mengatakan, dewan sudah mempersiapkan anggaran untuk pelantikan tersebut. “Kita saat ini masih menunggu surat dari KPU Sumsel untuk diteruskan ke Mendagri, tapi sejak awal anggaran kita sudah menyiapkannya untuk anggaran pelantikan sekitar Rp800 – Rp850 juta pada APBD 2013,” kata Ramadhan.

Untuk undangan jelas  Ramadhan, seperti pelantikan sebelumnya, tamu undangan antara lain anggota DPR dan DPD RI asal Sumsel, Gubernur se Sumatera, tokoh masyarakat, mantan-mantan gubernur dan wagub, bupati dan wali kota se Sumsel dan lainnya. “Belum tahu berapa jumlah pasti tamu yang akan diundang, jumlah tamu akan disesuiakan,” ujarnya.

Mengenai tempat menurut Ramadhan, jika sebelum-sebelumnya pelantikan gubernur dan wagub dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Sumsel maka pada pelantikan periode ini rencananya akan dilaksakan di Palembang Sport and Convention Center (PSCC).

“Tempat direncanakan di PSCC, karena ruangannya lebih luas jika dibandingkan dengan ruang paripurna DPRD Sumsel. Sedangkan halaman DPRD Sumsel, tetap digunakan sebagai tempat parkir,” ungkap Ramadhan.

Sebelumnya, Ketua DPRD Sumsel, Wasista Bambang Utoyo mengatakan DPRD menunggu surat keputusan (SK) Mendagri untuk melantik Gubernur dan Wagub Sumsel periode 2013-2018.

Tahapannya jelas Wasista, KPU nantinya menetapkan pasangan terpilih kemudian mengusulkan ke Mendagri. Lalu Mendagri mengeluarkan SK pelantikan. “Kita hanya menunggu keputusan Mendagri saja, jika itu sudah keluar baru kita laksanakan pelantikan,” beber Politisi Golkar ini.

Sedangkan komisioner KPU Sumsel, Ong Barlian menyebut, Jumat (11/10), KPU Sumsel akan menggelar rapat pleno tertutup untuk penetapan pasangan terpilih dan rekapitulasi suara pemilukada Sumsel.

“Pleno itu, kita gelar tertutup karena semua sudah tahu hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon. Senin (14/10), SK penetapan pasangan terpilih ini akan kita serahkan ke DPRD Sumsel, untuk diteruskan ke Mendagri,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *