Pasar 10 Ulu Dibangun 4 Lantai

Ilst. Suasana Di Pasar 16 Ilir Palembang

Ilst. Suasana Di Pasar 16 Ilir Palembang

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui PD Pasar Palembang Jaya,  akan segera merevitalisasi Pasar 10 Ulu. Pasar tersebut, nantinya akan dibangun menjadi empat lantai dari dua lantai saat ini.

Rencana ini disampaikan Direktur PD Pasar Palembang Jaya, Apriadi S Busri, Kamis (10/10).  Apriadi menyebut, revitalisasi terhadap Pasar 10 Ulu tersebut dilakukan guna memberikan kenyamanan berbelanja kepada masyarakat.

“Wacana revitalisasi Pasar 10 Ulu ini, sebetulnya sudah lama ingin dilakukan. Namun, ada kendala mengenai investor, apalagi untuk revitalisasi itu butuh dana cukup besar,” kata Apriadi yang dibincangi usai sidak di Pasar Soak Bato, Kelurahan 26 Ilir.

Menurut Apriadi, perbaikan tetap dilanjutkan karena sudah ada kesediaan Lembaga Pengembangan Investasi Pemerintah (PIP). Lembaga ini, bersedia untuk meminjamkan dana untuk revitalisasi Pasar 10 Ulu.

Selain dari dana PIP,  Wali Kota Palembang, Romi Herton juga sebut Apriadi, menyarankan untuk mengajukan bantuan dana ke Kementrian Koperasi dan Perdagangan guna revitalisasi pasar tersebut.

“Dana yang dibutuhkan untuk revitalisasi Pasar 10 Ulu ini, cukup besar. Karenanya walau PIP sudah bersedia meminjamkan dana, kita juga butuh pinjaman dana dari yang lain termasuk dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Palembang,” terangnya.

Menurut Apriadi, persiapan pembangun sudah dilakukan. Bahkan detail engginering desain (DED sudah ada, kemudian desain gedung juga telah siap. Nantinya gedung dua lantai di Pasar 10 Ulu saat ini, akan dibangun menjadi empat lantai.

Selama revitalisasi Pasar 10 Ulu tersebut sambungnya, pedagang yang ada di pasar tersebut akan di relokasi sementara. PD Pasar sebutnya, saat ini masih mencari dan menyiapkan tempat bagi pedagang untuk berdagang selama revitalisasi dilakukan.

“Karena kebutuhan pasar sangat mendesak, sehingga revitalisasi ini harus dilakukan. Selama revitalisasi dilakukan,  pedagang akan di relokasi ke tempat lain. Kita sudah mempersiapkan kawasan di belakang Klenteng Dewi Kwan Im, 10 Ulu,” tukasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya pemkot juga berencana untuk merevitalisasi Pasar 16 Ilir dan Pasar Cinde. Untuk Pasar 16 Ilir, menurut Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Isnaini Madani,  gedung Pasar 16 Ilir saat ini akan di robohkan. Diatasnya, barulah akan dibangun gedung baru dengan tinggi 20 lantai.

“Konsepnya, pasar itu akan dibangun dengan gaya mal. Nanti akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti lift dan ekskalator. Di lantai paling atas, akan dibangun restoran dan hotel berbintang yang menghadap sungai dengan dinding terbuat dari kaca,” ucapnya.

“Sedangkan untuk pedagang kaki lima (PKL), akan diberikan tempat khusus menempati satu lantai pembangunan pasar baru tersebut. Untuk parkir, akan ada gedung sendiri sehingga kendaraan tidak parkir di luar gedung atau badan jalan,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi




One thought on “Pasar 10 Ulu Dibangun 4 Lantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *