Waspada, Penipuan Atasnama Pertamina

Salah satu warga menunjukkan surat palsu yang mengatasnamakan pertamina

Salah satu warga menunjukkan surat palsu yang mengatasnamakan pertamina

PALI | KS-Bagi Anda yang pernah berkirim lamaran kerja ke PT Pertamina atau BUMN lainnya patut berhati-hati. Kini muncul modus penipuan gaya baru yang mengatasnamakan PT Pertamina (persero).

Dengan modus ini, oknum tidak bertanggung-jawab mengirimkan surat panggilan kerja ke alamat pelamar. Dalam surat yang dibuat dengan sangat meyakinkan itu, “pertamina” mengumukan bahwa si pelamar diterima kerja dan diberitahu akan ada staff yang menghubungi via telepon kepada pelamar.

Dan benar saja, berselang beberapa hari ada telepon yang menyatakan kepada pelamar untuk bersiap-siap untuk tes wawancara di kantor Pertamina Persero Jakarta. Si pelamar diminta mengirim sejumlah dana untuk booking tiket dan kamar hotel. Pelamar juga diberitahu bahwa ada kebijakan manajemen pertamina untuk mengkoordinir transport dan akomodasi peserta.

“Ini sebenarnya modus lama, mas. Kami sudah beberapa kali menerima laporan terkait hal ini. Setidaknya sudah tiga orang yang mempertanyakan hal ini. Karena itu kami minta masyarakat berhati-hati,” kata Erry Ridwan, Asmen Pertamina EP Field Adera saat ditemui di Pengabuan, PALI (6/10),  yang didamping staf CSR Miranda Syevira.

Erry juga menambahkan, sebetulnya banyak keanehan dalam surat yang dikirim oknum penipu itu. Seperti logo pertamina yang terlalu besar dan tanpa tulisan pertamina, tanda air dengan kualitas rendah sehingga gambarnya pecah.

Selain itu, menurut Erry, terdapat logo BPH Migas, padahal BPH migas sudah tidak ada dan sudah berganti dengan SKK Migas. “Dan yang paling janggal, surat tersebut menggunakan stempel dengan logo pertamina lama yaitu gambar kuda laut kembar. Sebenarnya kejanggalannya banyak, mas. Dan itu nggak pertamina banget,”  tegasnya.

Yang pasti PT Pertamina, sambung Erry, tidak pernah melakukan pungutan apapun terkait relrutmen karyawan. “Kita minta masyarakat hati-hati. Bila ada yang meminta uang mengatasnamakan pertamina harap konfirmasi terlebih dahulu,”  ujar Erry memberikan imbauan.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *