Seleksi Komisioner KPU kabupaten dan kota

tes-tertulis

tes-tertulis

PALEMBANG, KS-Seleksi tertulis untuk komisioner komisi pemilihan umm (KPU) di kabupaten dan kota di Sumatera Selatan (Sumsel), akan dilaksanakan KPU Sumsel serentak, Kamis (10/10) sekitar pukul 09.00 WIB-11.00 WIB di Aula Tridinanti, Palembang.

“Kita hanya sebagai penyelenggara, untuk soalnya langsung di kirim dari KPU RI. Nanti soal itu, akan diantar langsung oleh Sekretariat KPU RI ke kita,” kata Komisioner KPU Sumsel, Ong Barlian ketika dibincangi, Rabu (9/10) di ruang kerjanya.

Dari soal yang dikirim KPU RI tersebut, KPU Sumsel sebutnya akan memilah soal-soal mana yang akan dipakai untuk seleksi tertulis calon komisioner KPU kabupaten dan kota di Sumsel.

Ong menjamin kerahasiaan soal tersebut, sebab mulai dari pembuatan soal sampai kunci jawaban dilakukan oleh KPU RI. “Setelah dipakai, soal tersebut juga langsung dimusnahkan dengan cara dibakar. Namun untuk kunci jawaban, nantinya akan kita serahkan ke ketua tim seleksi (timsel) masing-masing kabupaten dan kota,” ucapnya.

Terhadap penolakan pembentukan timsel KPU dari daerah, menurutnya tidak ada masalah. Namanya keputusan jelas Ong, tentu ada yang menerima dan ada yang menolak namun semua itu tidak masalah.

Walau pun ada penolakan sambungnya, tahapan seleksi pun terus berjalan. Ia menjelaskan, KPU Sumsel telah menetapkan sebanyak 75 anggota timsel calon anggota untuk 15 KPU kabupaten/kota di Sumsel, dengan rincian 5 timsel untuk setiap KPU.

Dimana tugas mereka untuk menseleksi calon komisioner KPU di wilayahnya, untuk menggantikan anggota sekarang yang akan berakhir masa bakti pada Januari 2014. “Timsel dengan anggota lima orang itu, terdiri dari berbagai latar belakang seperti akademisi, birokrat dan profesional,” bebernya.

Dia mengatakan, 75 orang timsel ini ditunjuk langsung oleh KPU Provinsi Sumsel, hal ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 tahun 2013 tentang seleksi anggota KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota.

Dijelaskannya, lima orang timsel ini diberi pembekalan terlebih dahulu untuk melakukan seleksi terhadap anggota KPU yang akan direkrut. Timsel mengikuti rapat koordinasi pembekalan tugas, yang dilaksanakan oleh KPU provinsi. Setelahnya maka timsel, menetapkan susunan keanggotaan dan melakukan rapat persiapan pelaksanaan tahapan seleksi.

“KPU akan mengundang 75 orang timsel itu, untuk memberikan pembekalan sebelum melaksanakan seleksi terhadap anggota KPU dengan masa bakti lima tahun kedepan,”ungkapnya.

“Pembekalan itu, sifatnya untuk memberikan pemahaman timsel, bagaimana mekanisme seleksi kepada calon komisioner KPU, dan berharap mereka bisa menyatukan persepsi proses seleksi komisioner KPU kabupaten/kota, sehingga didapatkan komisioner KPU berkualitas, independen, dan teruji yang diharapkan masyarakat,”harapnya.

Selanjutnya, timsel akan menetapkan beberapa nama yang akan masuk nominasi menjadi anggota KPU. Dimana akan dilakukan fit and Propertest oleh komisioner KPU Sumsel yang baru terpilih.

“Rekrutmen anggota tim seleksi ini sepenuhnya merupakan kewenangan KPU provinsi untuk memilih dan menetapkan, namun memenuhi ketentuan yang berasal dari unsur akademisi, profesional dan tokoh masyarakat serta anggota tim seleksi harus menyertakan 30 persen keterwakilan perempuan,”tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *