Rupiah Anjlok, Valas Bersabar

Fatmahadi Kumala. Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Palembang

Fatmahadi Kumala.
Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Palembang

PALEMBANG | KS-Makin anjloknya kurs rupiah terhadap dollar US tidak berpengaruh terhadap peningkatan transaksi penukaran valas di perbankan. Di Bank Central Asia (BCA) Cabang Palembang misalnya, transaksi penukaran valuta asing (valas) tak goyang.

Fatmahadi Kumala, Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Palembang kepada Harian Umum Kabar Sumatera berkata, tidak ada peningkatan signifikan dalam penukaran valas meskipun anjloknya kurs rupiah.

Kata Fatmahadi, apalagi bila mengacu pada peraturan Bank Indonesia yang mengatur tentang pembatasan penukaran valas dalam jangka waktu satu bulan hanya diperbolehkan menukarkan uang sebanyak US$ 100 ribu. Dengan begitu si nasabah pun tidak akan pernah bisa. Bila diberlakukan, maka nasabah harus  menjelaskan tujuan dari mata uang yang ditukarkannya tersebut.

“Dalam satu hari kami melayani hingga sepuluh transaksi dengan jumlah transaksi yang beragam,” cetus Fatmahadi.

Ia menambahkan, saat ini di BCA sendiri hanya  dilayani penukaran beberapa kurs mata uang seperti dollar Singapura, Amerika Serikat, dan Hongkong.

Sementara itu Satria Kepala Bank Mandiri Kantor Wilayah II Palembang mengakui saat ini di kantornya tidak mengalami peningkatan penjualan dollar yang melambung.

Memang banyak pengusaha eksportir yang menjadi nasabahnya saat ini, namun selain untuk keperluan transaksi, tidak ada penjualan dollar yang berlebihan di kantornya.

“Dengan adanya penguatan dollar, para pengusaha malah mendapatkan keuntungan. Dengan begitu omset usaha yang didapatnya akan meningkat,” tutupnya.

TEKS:JADID ULUL ALBAB

EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *