DPRD Sumsel Tunggu SK Mendagri

Gamawan-Fauzi-(Mendagri)

Gamawan-Fauzi-(Mendagri)

PALEMBANG, KS – Pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Sumsel, H Alex Noerdin – H Ishak Mekki dipastikan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel periode 2013 – 2018, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan dua pasangan cagub-cawagub lainnya.

Meski demikian, pasangan ini harus bersabar untuk resmi dilantik sebagai orang nomor satu dan dua di Bumi Sriwijaya. Pasalnya, DPRD Sumsel masih menunggu surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk pelantikan Gubernur-Wagub Sumsel periode 2013-2018.

Ketua DPRD Sumsel, Wasista Bambang Utoyo memprakirakan SK dari Mendagri tersebut akan keluar sebelum masa jabatan Gubernur-Wagub Sumsel periode 2008-2013 berakhir pada 7 November mendatang.

“Tanpa ada SK dari Mendagri itu, kita tidak bisa mengadendakan pelantikan. Mekanismennya, KPU Sumsel akan menetapkan pasangan terpilih kemudian mengusulkan ke Mendagri. Kemudian Mendagri, mengeluarkan SK pelantikan,” kata Wasista yang dibincangi, Rabu (9/10) di Griya Agung, Palembang.

Ia menyebut, dewan sifatnya hanya menunggu keputusan Mendagri saja. Jika itu sudah keluar barulah sebut Wasista, dewan bisa mengadendakan pelantikan. Namun menurut politisi Partai Golkar ini, meski belum ada penjadwalan resmi, DPRD Sumsel sudah menyiapkan dana di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk pelantikan gubernur dan wagub terpilih.

“Persiapan untuk pelantikan sudah kita ancang-ancang, karena masalahnya sudah tidak ada lagi. Tetapi untuk rincian pembiayaan, kita belum punya karena belum ada kajian secara mendetail. Kemungkinan akan kita gelar, secara sederhana,” terangnya.

Ia meminta kepada KPU Sumsel, secepatnya mengajukan penetapan pasangan terpilih ke Mendagri, karena proses pelantikan itu memakan waktu hingga satu bulan lamanya. “Kita juga minta kepada kandidat yang lain untuk legowo, karena ini sudah menjadi keputusan MK. Selain itu permasalahan pemilukada ini sudah banyak menyedot dana APBD, terlebih saat pelaksanaan pemungutan suara ulang kemarin,” imbuhnya.

Dibincangi terpisah, Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Ong Berlian menerangkan, KPU Sumsel kemungkinan baru akan melaksanakan pleno rekapitulasi suara, penetapan pasangan terpilih dan pembuatan berita acara untuk menindaklanjuti perintah MK yang memenangkan pasangan H Alex Noerdin- H Ishak Mekki pada Jumat (11/10) mendatang.  “Kita akan membuat nomor SK baru satu, untuk rekapitulasi dan penetapan calon terpilih,”kata Ong.

Setelah rapat pleno tersebut, barulah sambungnya, KPU akan menyerahkan SK penetapan pasangan terpilih tersebut ke DPRD Sumsel. DPRD Sumsel kemudian akan menindaklanjutinya, dengan mengirimkan SK tersebut ke Mendagri untuk pelantikan.

“Rapat pleno kita sifatnya tidak terbuka, karena kita tahu perolehan suara dan penetapan kita tetapkan ke pleno. Senin (14/10), akan kita serahkan kepada DPRD Sumsel karena selasa (15/10) bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Sedangkan untuk pelantikan menjelang akhir masa jabatan Gubernur Sumsel saat ini, 7 November 2013,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *