48 Anggota Panwascam Dikukuhkan

panwaslu

INDERALAYA|KS-Ketua beserta tiga anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Kabupaten Ogan Ilir (OI), mengukuhkan 48 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam),  yang tersebar di 16 kecamatan, di Kantor Panwaslu Inderalaya, Rabu (9/10).

Para panwascam yang dikukuhkan tersebut disiapkan untuk mengawasi pelaksanaan Pemilihan Legislativ (Pileg), tahun 2014 mendatang.

Ketua Panwaslu OI, Syamsul Alwi didampingi Anggota Panwaslu bidang Divisi Penangaanan Tindaklanjut Anggaran, Medi Irawan mengatakan pengukuhan tersebut dilakukan untuk 48 panwascam, dengan jumlah masing-masing kecamatan sebanyak tiga orang.

Menurutnya, dari jumlah tersebut ada dua orang yang diganti, antara lain untuk Kecamatan Payaraman satu orang petugas panwascam bernama Eko Suseno diganti Zulkarnain Efendi lantaran mencalonkan diri sebagai caleg dari Partai Nasdem.

“Selain itu ada satu orang lagi dari Kecamatan Pemulutan, atas nama Amna digantikan Oto Iskandar lantaran menikah dengan sesama penyelenggara pemilu. Tapi sudah kita lakukan pelantikan, guna optimalisasi kerja persiapan penyelenggaraan pileg 2014 mendatang,” kata Syamsul.

Sementara itu, Anggota Komisioner Panwaslu lainnya, Iskandar Dermawan mengatakan pihaknya mengumpulkan seluruh anggota panwascam guna melakukan pembekalan kinerja, semangat, kekompakan, netralitas, kemandirian dan sebagainya. Hal itu untuk peningkatan kinerja dalam hal pengawasan pileg 2014 mendatang.

“Ya, kita sudah punya pengalaman untuk pilgub, dan sebenarnya sudah melaksanakan tugas secara baik meski ada yang masih terlambat menyampaikan laporan keuangan di beberapa panwascam. Namun kita sudah secara maksimal melakukan pembinaan,” urainya.

Ia menambahkan, pihaknya fokus pada  pengawasan perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan pengawasan alat peraga. Karena sejauh ini, pihaknya sudah merekomendasikan secara umum pendataan soal penertiban atribut alat peraga ruangan ke pemerintah daerah.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *