Stok Sembako Dipastikan Cukup

sembako

sembako

PALEMBANG, KS-Setiap menjelang perayaan hari-hari besar di Indonesia, seperti Idul Adha biasanya harga sembilan bahan pokok (sembako) mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut, dialaskan karena stok yang terbatas dan permintaan yang tinggi.

Namun sampai saat ini menurut Wali Kota Palembang, harga sembako di Palembang menjelang perayaan Idul Adha 1434 Hijiriyah, masih relatif stabil. “Memang menjelang Idul Adha, permintaan sembako lebih tinggi dibandingkan hari biasa. Namun, harga sembako masih normal tidak mengalami kenaikan signifikan,” kata Romi yang dibincangi, Selasa (8/10).

Ia juga mengatakan, stok sembako di Palembang pun mencukupi untuk memenuhi permintaan masyarakat. Karenanya ia menghimbau masyarakat, tidak perlu panik atau takut bakal kesulitan mendapatkan sembako karena kelangkaan.

Bagaimana dengan daging dan ayam potong ?, Romi menyebut, harga dua komuditas tersebut juga masih stabil. Saat ini harga ayam potong berkisaran Rp28 ribu sampai Rp30 ribu per kilogram (kg), sedangkan harga daging mencapai Rp90 ribu sampai Rp100 ribu per kg.“Kepada distributor maupun pedagang, dihimbau untuk tidak menaikan harga secara sepihak. Karena itu akan membuat masyarakat, kesulitan untuk mendapatkan sembako,” himbaunya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota  Palembang, Syahrul Hefni menambahkan, menjelang perayaan Idul Adha, hasil pantauan Disperindagkop, harga sembako di pasar-pasar tradisional tidak mengalami kenaikan signifikan.

Hal itu menurutnya dikarenakan, stok sembako di Palembang masih mencukupi. “Kami telah memantau stok semua distributor, hasilnya sembako cukup hingga lebaran bahkan cukup hingga akhir tahun dan awal tahun depan,”bebernya.

Menurut Syahrul, stok cukup ini tidak akan membuat kebutuhan sembako langkah di pasaran nantinya. Kalaupun ada kenaikan harga sembako, maka naiknnya tak akan se ekstrim jelang Idul Fitri lalu. “Permintaan tak akan meningkat tajam, seperti hari raya idul Fitri,”tukasnya

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *