RSUD Bari Tetap Layani Pasien Jamsoskes

RSUD BARI Palembang

RSUD BARI Palembang

PALEMBANG, KS-RS Muhammadiyah Palembang (RSMP), sampai saat ini masih menolak menerima pasien yang menggunakan fasilitas jaminan sosial kesehatan (jamsoskes) Sumsel Semesta sampai klaim jamsoskes tersebut dibayarkan oleh pemerintah.

Kondisi ini, membuat pasien yang menggunakan fasilitas tersebut kebingungan. Apalagi umumnya, mereka adalah pasien dari keluarga miskin. Kondisi ini membuat prihatin Pemerintah Kota (pemkot) Palembang.

Pemkot menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Anton Suwindro, akan memfasilitasi layanan kesehatan bagi pasien yang menggunakan fasilitas jamsoskes tersebut agar tetap mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kita prihatin dengan kondisi ini, ada puluhan bahkan mungkin ratusan pasien yang tidak mendapatkan layanan kesehatan akibat keterlambatan pembayaran yang belum dilakukan beberapa kabupaten/kota di Sumsel ke RS Muhammadiyah,” kata Anton yang dibincangi si ruang kerjanya, Selasa (8/10).

“Kami akan membantu memberikan layanan kesehatan, bagi pasien Jamsoskes Sumsel Semesta tersebut, Dinkes Palembang mempersilahkan pasien Jamsoskes Sumsel Semesta untuk mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bari,”sambungnya

Anton menjelaskan, dinkes siap memberikan pelayanan bagi pasien yang menggunakan fasilitas Jamsoskes Sumsel Semesta tersebut. Keluarga pasien jelasnya, cukup melengkapi syarat berupa rujukan dari Puskesmas terdekat untuk dapat menikmati layanan kesehatan di RSUD Palembang Bari.

“Rujukan dari puskesmas ini, diperlukan untuk mendapatkan pelayanan ke RSUD Bari. Tanpa rujukan itu, manajemen RSUD Bari tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan,”ujarnya.

Sebab ungkap Anton, rujukan dari puskesmas menunjukkan status pelayanan bagi pasien yang bersangkutan. “Rujukan dari puskesmas menunjukkan, bahwa kondisi pasien mengharuskan untuk di rawat di rumah sakit. Pihak puskesmas tidak mungkin merujuk pasien ke rumah sakit, kalau kondisi kesehatannya masih memungkinkan untuk di rawat jalan,”bebernya.

Anton menghimbau, kepada masyarakat Palembang untuk tidak panik dengan dihentikannya layanan kesehatan bagi pasien yang menggunakan fasilitas Jamsoskes Sumsel Semesta oleh RS Muhammadiyah tersebut.

“Sebab masih ada rumah sakit, yang masih menerima pasien Jamsoskes. Selain RSUD Bari, pasien juga dapat meminta rujukan ke RS Muhammad Hosein (RSMH) atau ke RS Islam Siti Khodijah,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *