Ribuan Mahasiswa IAIN di Tes Urin

Salah satu petugas dari BNN melakukan uji tes salah satu sample urin. foto ; Iwan Cheristian

Salah satu petugas dari BNN melakukan uji tes salah satu sample urin. foto ; Iwan Cheristian

PALEMBANG KS-Guna menjaring mahasiswa yang bersih dari Narkotika dan Obat-obatan (Narkoba). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), melakukan tes urin terhadap Ribuan Mahasiswa baru yang masuk melalui jalur Prestasi Akademik, Tertulis, dan Mandiri.

“Ini upaya kita agar mahasiswa yang baru masuk, bersih dari obat yang amat membahayakan hidup manusia itu,” ungkap Suharto, Kasubag Bagian Akademik Administrasi Kemahasiswaan (BAAK) IAIN Raden Fatah, kemarin (08/10).

Suharto menjelaskan, mahasiswa yang terindikasi mengkonsumsi narkoba, akan ditindak lanjuti. “Mahasiswa yang terindikasi, kita kembalikan ke Dekannya ataupun Orang Tuanya masing-masing, bisa jadi mereka dapat perhatian khusus, agar yang bersangkutan bisa kembali bersih,” paparnya.

Ditanyai mengenai berapa banyak mahasiswa positif terindikasi narkoba?, Harto belum bisa pastikan. “Kita masih menunggu laporan dari pihak BNN,” terangnya.

Terpisah,  Bustari, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumsel, membenarkan hal tersebut, ia menyebut hasil laporan tes urin masih dalam proses.

“Kita belum bisa pastikan ada atau tidaknya mahasiswa yang terindikasi narkoba, yang jelas, jika hasil telah didapat, laporan tersebut kita serahkan sepenuhnya ke pihak kampus, ” bebernya.

TEKS : AMINUDIN/RIDIANSYAH

EDITOR : ROMI MARADONA

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *