Pilkades Diulang, Akira Tetap Menang di Mangkunegara

pilkades

PALI | KS-Setelah sempat diulang dua kali, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Mangkunegara Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tetap menetapkan Akira sebagai Kepala Desa (Kades) terpilih.

Dalam Pilkades yang digelar Minggu (6/10) lalu itu, Akira berhasil mengumpulkan 512 suara jauh meninggalkan kandidat Anwar Junaidi dan Mustika yang masing-masing mengumpulkan 206 Suara dan 272 suara.

Meski demikian, Pilkades yang mengakibatkan pencopotan Camat Penukal, Asminton SH itu, menyebabkan menurunnya partisipasi warga yang menggunakan hak pilihnya. Dalam Pilkades itu tercatat  993 warga menggunakan hak pilihnya. Padahal dalam Pilkades digelar sebelumnya pada sabtu 6 Juli 2013 lalu, tidak kurang 2000 warga yang mendatangi tempat pemungutan suara.

“Proses pemilihannya sendiri sudah sesuai prosedur. Itu yang penting,” ujar Asrohi, S.Sos, MH, Plt Camat Penukal saat dihubungi Kabar Sumatera (KS) (8/10).

Seperti diberitakan sebelumnya, Pilkades Mangunegara ini sempat menuai protes dari berbagai pihak. Akira yang memenangi Pilkades pada tabap pertama, dengan selisih dua suara harus menerima protes dari kandidat yang kalah. Protes ini terkait adanya selisih dua lembar sisa surat suara yang tidak ikut dihitung. Sementara, Akira memenangi Pilkades juga denga dua suara. Selisih inilah yang kemudian menjadi “bahan” protes.

Tidak sampai disitu, Mustika dan Anwar Junaidi sempat mengadukan panitia Pilkades ke Polsek Penukal, yang menurut mereka telah memalsukan tanda tangan Ketua BPD Mangkunegara.

Setelah melalui proses yang cukup a lot, akhirnya Pemkab PALI memutuskan untuk menggelar Pilkades ulang. Namun para Pilkades ulang pesertanya tidak sampai separuh pemilih dari Pilkades pertama.

“Warga sudah malas menggunakan hak pilihnya. Menurut mereka, pemenangnya sudah ada tapi masih dilakukan pilih ulang. Warga merasa tidak dihargai,” ungkap salah satu sumber yang enggan disebut namanya.

TEKS : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *