Pertumbuhan KPR BRI Capai 50 Persen

Ilst.

Ilst.

PALEMBANG | KS-Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan rumah, membuat produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kian diminati. Kondisi ini dialami oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Palembang  yang mencatatkan pertumbuhan hingga 50 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Erizal,Kepala Sentra Kredit Konsumer (BRI) Kanwil Palembang, mengungkapkan, saat ini, rata-rata penyaluran kredit BRI untuk wilayah Sumbagsel mencapai  Rp 10 miliar/ bulan. Angka ini meningkat 50 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai Rp 7,5 ,miliar per bulan. Hal itu membuktikan minat masyarakat untuk memiliki rumah semakin tinggi.

Disinggung mengenai meningkatnya suku bunga BI rate yang mencapai 7,25 persen, pihaknya mengatakan,  hal itu memang akan berpengaruh pada penyaluran kredit nantinya. Tapi khusus untuk di wilayah Sumsel, kenaikan suku bunga kredit bukan menjadi halangan utama untuk memiliki rumah, melainkan harga komoditi seperti batubara, sawit dan karet.

“Saat ini, harga karet dan sawit sedang bagus-bagusnya akibat perbaikan kondisi pasar di Eropa. Jadi saya memprediksi penyerapan kredit KPR akan tetap baik walaupun suku bunganya meningkat,”katanya.

Untuk meningkatkan penyalurannya, kini BRI tengah melakukan perjanjian kerjasama setidaknya dengan 20 developer di Seluruh Sumsel baik untuk produk Fasilitas Liquiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) maupun produk KPR Komersial.

Apalagi BRI telah menggodok penawaran menarik untuk bunga KPR, dimana ditawarkan suku bunga 7,5 persen hingga 11 persen fix 1-5 tahun untuk jangka waktu tertentu.

Penawaran tersebut, jauh lebih ringan dibandingkan suku bunga yang ditawarkan oleh perbankan lain. Fasilitas kredit konsutif ini juga berlaku untuk pembelian unit baru atau bekas take over, take over top up, pembangunan rumah serta renovasi objek perumahan.“Itulah sebabnya, BRI tetap optimis penyaluran KPR masih akan cenderung stabil walau BI rate meningkat,”Tutupnya

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *