Menata Pasar Tradisional Ke Modren

Pasar Sekip Palembang

Pasar Sekip Palembang

PALEMBANG KS-Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Palembang berupaya menata pasar tradisional ke arah pasar yang modren. Dengan begitu diharapkan Palembang sebagai kota Emas bisa terwujud.

“Pasar itu milik warga palembang, tidak ada yang memilikinya. Untuk mengelolanya harus ada kepala pasar di sana. Makanya, setiap pasar tradisional kita tunjuk kepala pasar yang mengurusnya,” demikian kata Ir H Apriadi S Busri, Ces, Direktur Utama PD Pasar Kota Palembang kepada HarianUmum Kabar Sumatera, Selasa (8/10

Kata Apriadi, penataan pasar sekarang dan dua tahun ke depan harus benar-benar dikelola dengan sebaik mungkin.

“Wali kota berharap agar kota Palembang ini menjadi kota Emas (Elok, Madani, Aman dan Sejahtera) dan itu sesuai dengan motto dari palembang itu sendiri. Kita dari PD Pasar Kota palembang khususnya bidang ekonomi dan pasar menginginkan agar pasar-pasar yang ada dikelola dengan baik. Agar, pasar yang selama ini ditafsirkan masyarakat, tidak jauh dari kotor, kumuh, dan sembrawut,” ungkap Apriadi.

Juga lanjutnya, selain itu pengelolaan yang serius dan kerjasama yang baik antar elemen terkait sangat membantu lancarnya pembangunan dari pasar tradisional menjadi modern.

“Artinya ini adalah kepedulian dari pihak kota Palembang untuk menjadikan Palembang ini lebih baik lagi,” cetusnya.

Ia menambahkan, agar terjalinnya transaksi jual beli yang nyaman dan baik perlu adanya pengelolaan pasar yang benar-benar dikelola dan diurus oleh pengurus PD pasar itu sendiri. Baik itu dari lapaknya, saluran airnya, wc, masalah parkir maupun kebersihan yang ada di pasar tersebut. Sehingga, lingkungan menjadi nyaman. Pedagang yang berjualan menjadi nyaman begitu juga dengan pembeli.

Menyingung Pasar Sekip Ujung, Apriadi berkata, semua itu hanya miss komunikasi saja. Selama ini pasar Sekip Ujung yang dikelola dari koperasi diketua oleh Hj Nani Mulyani, karena pembangunan awal dana dibantu oleh kementerian koperasi.

“Sebenarnya tidak terjadi permasalahan apa-apa di Pasar Sekip Ujung. Kalau selama ini yang mengelola Pasar Sekip adalah koperasi, setelah kita evaluasi pasar tersebut harus dikelolah betul oleh PD pasar kota Palembang. Untuk itulah, sekarang kita tunjuk dari pengurus PD pasar kota Palembang untuk mengelolah pasar tersebut. Karena, Pasar Sekip berada di kawasan kota palembang, maka itu adalah milik kota Palembang. Bukan milik siapa-siapa,” jelasnya.

Ir Heman Effendi, Direktur Operasional PD Pasar Kota Palembang menyebutkan, tidak ada dualisme kepemimpinan yang terjadi di Pasar Sekip.

“Tidak ada dualisme kepemimpinan yang terjadi di Pasar Sekip Ujung. Hanya saja  selama ini yang mengurusi pasar  itu adalah koperasi. Usai dievaluasi, maka layak harus ada kepala pasar yang mengelola pasar tersebut. Maka ditunjuklah Madian Yusuf bertugas mengelola Pasar Sekip Ujung. Dan, itu sudah di SK-kan oleh Direktur Utama PD Pasar Kota Palembang,” tutup Heman.

TEKS/FOTO:AHMAD MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *