Memotret dengan KLJ

Caption ; Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Kusnadi M.H, memberikan kata sambutan sekaligus membuka Workshop Kamera Lubang jarum di Fakultas Dakwah IAIN Raden Fatah, Palembang, kemarin. Foto ; Bagus Kurniawan

Caption ; Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Kusnadi M.H, memberikan kata sambutan sekaligus membuka Workshop Kamera Lubang jarum di Fakultas Dakwah IAIN Raden Fatah, Palembang, kemarin. Foto ; Bagus Kurniawan

PALEMBANG | KS-Memotret dengan mengunakan digital pada era sekarang ini dianggap hal yang biasa. Namun, bagaimana jika saat ini mengabadikan suatu keadaan, dengan kamera zaman dulu yang jauh dari kesan modern atau “jadul”. Terlebih kameranya buatan tangan dengan bahan barang-barang bekas.

Ketua Komunitas Kamera Lubang Jarum (KLJ) Komalasari saat menyampaikan materi pada Seminar Workshop KLJ mengatakan, kamera lubang jarum adalah alat pengabadian yang dibuat dari barang-barang bekas. Karena, kamera ini bekerja berdasarkan teori optis. Metode yang digunakan sama seperti kamera digital. Hanya saja sensor cahaya yang masuk direkam menggunakan kertas foto.

“Kalau dengan kamera biasa selain kamera lubang jarum, biasanya kita cuma ambil gambar jepret jepret selesai, tapi dengan kamera lubang jarum kita bisa mengetahui prinsip dasar fotografi dan cara penggunaannya,” paparnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Kusnadi M.H saat membuka kegiatan itu, Selasa (8/10), mengatakan Ia tak ingin generasi muda serba instant, termasuk dalam hal fotografi, tetapi bagaimana prinsip dasar dan membuat kamera itu juga perlu diketahui.

“Ini untuk mengembangkan ide kreatif sekaligus metode dalam mata pelajaran jurnalistik, karena pelajaran tersebut terdapat beberapa metode tentang penggunaan kamera,” ujarnya.

Menurutnya budaya dan potensi serta keunikan daerah bisa di abadikan dengan kamera lobang jarum. “Tak harus dengan alat mahal, dengan alat sederhana diharapkan menjadi spirit munculnya ide kreatif. Semoga setelah workshop ini bisa muncul KLJ di Palembang,” harapnya.

Sementara itu Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik, Karerek mengatakan Kegiatan workshop ini bertujuan untuk mengenalkan dasar-dasar fotografi KLJ kepada mahasiswa Jurusan Jurnalistik.

“Dengan workshop ini diharapkan kepada mahasiswa jurusan jurnalistik dapat mengetahui apa itu kamera lobang jarum,” ungkapnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *