Kambing Koplo Kini Dicari

Kambing Koplo

Kambing Koplo

PALEMBANG KS-Jelang Idul Adha atau Lebaran Kurban pedagang mulai memasarkan kambing berjenis koplo atau hasil persilangan berukuran besak untuk hewan qurban. Harganya? Berkisar Rp 3,5 juta per ekor.

Beberapa pasar tradisionil di kota ini sejak pekan terakhir mulai marak beredar jenis kambing  antara lain Lampung, Kacang, dan Koplo.  Di pinggiran sepanjang Jalan Demang Lebar Daun bahkan ramai pedagang yang menjual kambing tersebut.

“Aku jual kambing yang standar bae. Biasanya aku ambil keuntungan 5 persen per kambing. Jadi, kalau dinominalkan seharinya sebanyak Rp 1 juta,” kata Kodir (53), warga yang bermukim di Kancil Putih, Selasa (8/10) siang.

Tutur Kodir, guna memberikan kepuasan untuk konsumen ia pun setiap harinya merawat kambing-kambing yang hendak dijual. Perawatan lainnya memandikannya dan memberikan vitamin LA untuk penyegar fisiknya.

“Sebelum di bawa ke sini, aku rawat terlebih dulu di rumah,” cetusnya.

Lalu, bagaimana dengan harga kambing? Jawab Kodir, untuk kambing berjenis Lampung dipasarkan dengan harga Rp 3 juta per ekor, kambing kacang seharga Rp 1,8 juta per ekor. Dan, kambing koplo seharga Rp 3,8 juta per ekornya.

“Nah, khusus untuk kambing qurban itu beratnya antara 60 sampai 70 kilogram dan berat terendah jenis kambing kacang 15 kilogram,” katanya.

Kata Kodir, jelang Hari Raya Idul Adha, ia memasok kambing koplo sebanyak 38 ekor, kambing kacang sebanyak 40 ekor, dan kambing Lampung sebanyak 60 ekor. Namun, dari sekian banyak kambing itu kambing koplo paling banyak dibeli konsumen. Apalagi, jenis kambing koplo ini berbadan besar dan dagingnya tentu lebih banyak.

“Kambing yang aku jual ini juga diperiksa oleh dinas terkait,” tukasnya.

Sementara itu, penjual kambing qurban lainnya yakni H A Rachman Soleh (60) dan Ipah (42). Ia pun mengakui setiap kambing koplo yang terjual biasnya laba yang didapat sebanyak Rp 200.000 per ekornya.

“Kalau pendapata tak menentu, tapi kalu masalah untung usah ditanyalah,” cetus Ipah yang tinggal di 29 Ilir Palembang sambil memerhatikan kambingnya.

Pedagang kambing Solihin (36) pun menambahkan, momentum Lebaran Kurban merupakan momen yang paling ditunggu para pedagang kambing.

“Ada kenaikan harga kambing kecil maupun yang besar,” katanya singkat.

TEKS:AGUS EDWAR (Mg)

EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *