Anggota Dewan Kian Sulit Ditemui, Massa LMND Kecewa

Demo Massa LMND

Demo Massa LMND

PALEMBANG, KS-Menjelang pemilihan umum (pemilu) 2014, anggota DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) kian sulit untuk ditemui di gedung rakyat tersebut. Masyarakat yang hendak mengadukan persoalan mereka pun, harus siap kecewa karena tak ada anggota dewan yang bakal menemui mereka.

Kekecawaan ini juga yang dialami, puluhan massa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Kota Palembang, Selasa (8/10).  Mereka mendatangi dewan, untuk menyampaikan aspirasinya menolak pelaksanaan Asia Pacific Economic Cooperation atau APEC tahun 2013 di Bali.

Namun setelah beberapa lama berorasi di halaman DPRD Sumsel, mereka harus kecewa sebab tidak ada satu pun anggota dewan yang menemui mereka.  Ketua LMND Palembang, Galu Sutaresmi mengaku prihatin dan kecewa dengan sikap wakil rakyat tersebut. “Kami hanya ingin menyampaikan aspirasi, dengan melakukan aksi secara damai. Namun tidak ada satu pun anggota dewan,” keluhnya.

Galuh menyebut, sikap anggota dewan tersebut tak patut. LMND sebutnya, akan mengkampanyekan kepada masyarakat untuk tidak lagi memilih anggota dewan yang tidak peduli dengan persoalan masyarakat.

“Kenapa harus memilih lagi, anggota dewan yang tidak peduli dengan masyarakat. Mereka tidak bisa dipercaya, ini yang akan kami kampanyekan agar masyarakat jangan memilih mereka di Pemilu 2014 mendatang,” ucapnya.

Pantauan Kabar Sumatera sendiri, memang tidak ada aktivitas anggota dewan di DPRD Sumsel. Ruangan-ruangan komisi maunpun fraksi dan ruang pribadi anggota dewan, lebih banyak kosong. Yang ada hanya staf sekretariat dewan, yang masih beraktivitas.

Informasi yang dihimpun, para wakil rakyat itu saat ini berada di luar kota. Namun belum jelas, apakah itu terkait dengan kegiatan dewan atau bukan. Sebab sebelumnya, DPRD Sumsel sudah membentuk panitia khusus (pansus) untuk membahas 12 rancangan peraturan daerah (raperda) yang diajukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

Sebelumnya, bukan hanya puluhan mahasiswa dari LMND ini saja yang tidak ditemui dewan saat hendak menyampaikan aspirasi mereka. Puluhan pemuda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumsel, saat melakukan aksi damai di DPRD Sumsel terkait tertangkap tangannya Ketua MK, Akil Mochtar yang diduga menerima suap, juga tidak ada anggota dewan yang menemui.

Teks     : Imam Mahfudz Ali

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *