36 Pelamar KPU OI Lulus Tes Berkas

kpu

INDERALAYA|KS-Setelah melakukan seleksi terhadap 50 pelamar calon anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Ogan Ilir (OI), Tim Seleksi (Timsel), menetapkan ada 36 orang calon yang lulus tes administrasi dan berhak mengikuti rangkaian tes selanjutnya seperti tes tertulis, tes kesehatan hingga psikologi.  Keputusan tersebut dibuat berdasarkan verifikasi berkas dan rapat pelno.

Ketua Timsel KPU OI, Wilson Efendi, kemarin mengatakan, sebanyak 50 berkas dari 50 pelamar sudah masuk ke Sekretariat Timsel KPU. Namun, dari sejumlah tersebut tidak semua bisa lulus tahap berikutnya, pasalnya ada tiga berkas tidak lengkap, 11 berkas lainnya tidak memenuhi persyaratan dalam seleksi, seperti umur di bawah 30 tahun, tidak melampirkan surat dari pengadilan bebas dari segala hukuman, tidak berdomisili di OI yang dibuktikan dengan KTP dan sebagainya.

“Kita sudah melakukan rapat pleno dan sudah diputuskan. Hasilnya ada tiga berkas tidak lengkap seperti ijasah SMA yang tidak disertai pengalaman menjadi penyelenggara pemilu seperti PPK, PPS dan sebagainya. Kalau SMA nilainya 1, S1 2, S 3 nilainya 3, belum  lagi penilaian lainnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk kelulusan minimal pasiing grade 2 atau lebih, dan keputusan berdasarkan pleno tersebut sifatnya mengikat tidak dapat diganggu gugat berdasarkan fakta dan data.

“Bagi peserta yang lulus, pada Kamis nanti diharapkan mengikuti tes tertulis di LPMP dengan membawa alat tulis,  tes kesehaatan di RS BARI pada 12 Oktober, tes psikologi 16_17Oktober, kemudian pengumuman 20 besar 26_28Oktober, selanjutnya wawancara dan tanggapan masyarakat 2-31 Oktober, untuk pengumuman 10 besar 1-2November,” jelasnya.

Sementara itu di Kabupaten Muaraenim, setelah lolos dalam seleksi administrasi, sebanyak 46 orang dipastikan ikut dalam seleksi lanjutan calon komisioner KPU Muaraenim periode 2013 – 2018. Pada 10 Oktober 2013 mendatang, mereka akan mengikuti seleksi tertulis untuk menjaring 20 orang calon komisioner KPU terbaik.

“Sebenarnya ada sebanyak 55 orang yang mendaftar untuk menjadi calon Komisioner KPU Muaraenim. Namun, hanya 46 orang yang memenuhi syarat administrasi untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya. Mereka akan kembali kita saring menjadi 20 orang melalui seleksi tertulis,” tutur Ketua Tim Seleksi Calon Komisioner KPU Muaraenim, Husni Tamrin, kepada Kabar Sumatera, kemarin (8/10).

Setelah 20 orang tersaring dalam seleksi tertulis, kata Husni, akan dilanjutkan dengan tes kesehatan pada 11-15 Oktober  2013. Lalu, dilanjutkan tahapan seleksi psikologis yang dibagi dalam tiga kategori yakni, seleksi tertulis psikologis pada 16 Oktober 2013, tes wawancara pada 17-20  Oktober 2013, kemudian seleksi diskusi kelompok terarah yang dilaksanakan pada 21- 22 Oktober   2013. Setelah itu, diadakan rapat penetapan hasil seleksi tertulis, tes kesehatan dan tes psikologi.

Nama-nama para calon Komisioner KPU Muaraenim, lanjut Husni,  yang dianggap memenuhi kriteria penilaian akan diumumkan kepada khalayak ramai atau masyarakat Kabupaten Muaraenim untuk mendapat tanggapan masyarakat, nantinya mereka akan mengikuti tahapan seleksi wawancara lanjutan. Hasil seleksi wawancara lanjutan itu akan menjadi acuan tim seleksi untuk memutuskan 10 nama calon Komisioner KPU Muaraenim periode lima tahun mendatang.

“Kita selaku tim seleksi akan merekomendasikan 10 nama calon Komisioner KPU Muaraenim itu, lanjut Husni, untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh KPU Provinsi Sumatera Selatan, hingga menghasilkan lima nama Komisioner KPU Muaraenim  periode 2013-2018. Dalam proses seleksi ini, kita mengacu pada Pasal 20 ayat (4) Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2013 Tentang Seleksi Anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota,” pungkas Husni.

Teks : Junaedi Abdillah/SISWANTO

Editor : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *