Siaga Bencana, di Rencanakan Masuk Kurikulum

ILst. Antarafoto.com

ILst. Antarafoto.com

PALEMBANG – KS-Kementrian Sosial (kemensos) RI akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) terkait kurikulum siaga bencana yang rencananya akan dimasukkan dalam bahan ajaran di setiap sekolah.

“Sejak tahun 2007 lalu pihak kemensos sudah berkoordinasi dan membicarakan tentang hal pendidikan dengan kemendikbud mengenai kurikulum siaga bencana. Dan itu pun diterima dengan baik oleh pihak kemendikbud sendiri, tetapi kemendikbud sendiri belum bisa memberikan kebijakan dan mengesahkan rencana itu,” terang Andi

Selanjutnya ia menambahkan, hal ini sebenarnya juga banyak permintaan dari kalangan masyarakat yang juga sebagai wali-wali dari para pelajar supaya dari generasi dasar sampai atas bisa mengantisiapasi jikalau terjadinya bencana secara mendadak.

“Kita berharap kepada dinas pendidikan, walaupun keinginan tadi belum dimasukkan dalam kurikulum tetap materi itu bisa diajarkan di dalam pelajaran muatan lokal saja sehingga kedepannya bisa terus berkelanjutan dan untung-untung saja disahkan menjadi kurikulum siaga bencana,” ungkapnya.

Semantara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Apriadi mengatakan, sekarang ini sudah ada inisiatif sendiri dari sekolah yang memasukkan bahan ajar mengenai siaga bencana dalam pelajaran muatan lokal seperti daerah Lubuklinggau, Muara Enim, dan Palembang sendiri.

“Program ini juga sudah ada di dinsos yakni tagana goes to scholl yang skalanya masih sangat kecil. Maka dari itu pihak kita selalu berkoordinasi dengan dinas pendidikan provinsi Sumatera Selatan supaya mempertimbangkan kembali,” harapnya.

TEKS : IMAM MAHFUZ

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *