Mau Naik Pangkat, Guru Wajib Buat Karya Ilmiah

Ilst.

Ilst.

PALEMBANGB | KS-Membuat karya ilmiah merupakan salah satu keharusan untuk tenaga pendidik terutama guru agama pasalnya, kariya ilmiah ini menjadi salah satu syarat untuk kenaikan pangkat. Demikian di sampaikan Widya Iswara (WI) Balai Diklat Keagamaan Palembang Lilis Suryani ketika menyampaikan materi publikasi bentuk tinjauan atau gagasan di ruang belajar Balai Diklat, Senin (7/10).

Menurutnya, suatu karya ilmiah baru akan di katakan sebagai publikasi ilmiah setelah hasilnya di masukan dalam jurnal atau website, dan di seminarkan dalam forum pendidikan atau juga di seminarkan di sekolah dan di pajang di perpustakaan.

Namun menurutnya, penulisan atau pembuatan karya ilmiah harus memenuhi kriteria-kriteria yang di tetapkan. Alumni program pascasarjana Unsri ini menjelaskan, ada banyak jenis publikasi ilmiah yang bisa di buat guru. Salah satunya, makalah hasil penelitian atau gagasan.

“ Karya ilmiah itu banyak. Ada laporan hasil penelitian, artikel popular, diktat, modul dan lain sebagainya,” paparnya.

Karya ilmiah tersebut katanya sebagai salah satu syarat memenuhi penilain kinerja. “Syarat penilaian kinerja berkelanjutan (PKB) itu mencakup pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif,” sambungnya.

Lanjutnya, publikasi ilmiah mulai berlaku untuk naik pangkat dari golongan III/b ke golongan selanjutnya. Masing-masing jenjang memiliki minimal jumlah karya ilmiah yang harus di buat dan peraturan tersebut sudah berlaku semejak 1 Januari 2013.

Menurutnya, yang perlu di pahami untuk membuat karya ilmiah adalah teknis dan kemauan. Selain itu, bagaimana agar karya ilmiah itu memiliki angka kredit (AK) yang dapat membantu untuk kenaikan pangkat.

“Setelah bapak/ibu membuat suatu karya ilmiah, hasilnya bisa di masukan kedalam jurnal atau website. Baik dalam jurnal lokal, nasional ataupun internasional agar memiliki nilai angka kredit,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa, peraturan terbaru Menteri Aparatur Negara nomor 16 tahun 2013 tentang peraturan angka kredit guru sangat ketat. Di dalamnya secara jelas dan tegas memuat unsur-unsur apa saja yang wajib di lengkapi guru untuk bisa naik pangkat.

“Ya itu tadi salah satu unsurnya membuat karya ilmiah,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, 30 peserta diklat publikasi ilmiah dari berbagai daerah Sumsel, Bangka, Lampung dan Bengkulu itu praktik berkelompok membuat sebuah karya ilmiah hasil penelitian. Mereka belajar membuat latar belakang masalah hingga menentukan hasil dan pembahasan penelitian.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




One thought on “Mau Naik Pangkat, Guru Wajib Buat Karya Ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *