Antisipasi Kecelakaan dikalangan Pelajar Siswa SMP Dilarang Bawa Kendaraan

PALEMBANG | KS-Dinas Pendidikan Pemudah dan Olahraga (disdikpora) Kota Palembang menghimbau kepada setiap sekolah untuk melarang siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) mengendarai motor saat ke sekolah hal ini dilakukan untuk mengantisipasi angka kecelakaan dikalangan remaja.

“Kami akan kembali menyurati kepala sekolah untuk melarang siswa membawa kendaraan motor tanpa dilengkapi surat-surat resmi seperti surat izin mengemudi (SIM),” kata Ahmad Zulinto, Kepala Dinas Pendidikan Pemudah dan Olahraga Kota Palembang, Senin (7/10).

Menurutnya, selama ini banyak laporan dari masyarakat tentang pelajar SMP yang mengendarai motor dengan semaunya alias ugal-ugalan. Selain itu para pelajar tersebut melanggar ketentuan berlalu lintas di jalan raya.

“ Kita juga sudah bekerjasama dengan pihak sekolah dan ke polisian, apabila ada pelajar yang melanggar hal tersebut maka akan diberikan sanksi,” ungkapnya.

Dikatakannya, ketegasan dari pihak sekolah melarang siswa-siswi membawa kendaraan menjadi salah satu solusi mengantisipasi maraknya pelajar yang membawa motor atau mobil tanpa dilengkapi surat-surat resmi.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Palembang, Devi Amalia, saat di hubungi melalui telepon selulernya mendukung kebijakan pemerintah Kota terkait larangan membawa kendaraan bagi siswa, karena dengan adanya larangan tersebut dapat mengurangi tingkat kecelakaan terhadap pelajar.

“Kami sangat mendukung sehingga dengan adanya larangan tersebut tingkat kecelakaan dikalangan remaja dapat menurun,” paparnya.

Dia menambahkan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada orang tua agar tidak memberikan kesempatan kepada anak mereka untuk menggunakan kendaraan, sampai memiliki izin mengemudikan kendaraan. “ Peran orang tua juga sangat penting, jadi bukan hanya pemerintah yang menekankan sementara tidak ada dukungan dari orang tua kan percuma,”cetusnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *