7 Pjs Isi Jabatan Kekosongan Kades

Ilst.

Ilst.

INDERALAYA- Imbas dari pencalonan kades menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg), di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI), membuat beberapa desa kehilangan kepemimpinannya.

Setidaknya ada tujuh kades di wilayah Kabupaten OI yang lolos menjadi peserta pemilu legislatif alias nyaleg dan telah ditetapkan KPU sebagai daftar calon tetap (DCT) .

Mereka tersebut adalah Kades Tanjung Tambak Kecamatan Tanjung Batu Wahidin dari Partai Nasdem, Kades Babatan Saudagar Kecamatan Pemulutan Rizal Mustofa dari Partai Nasdem. Kades Pandan Arang Kecamatan Kandis Zainul Abdi dari Partai Golkar.

Lalu Kades Pegayut Kecamatan Pemulutan M Yunus Helmi Ghozali dari Partai Golkar, Kades Burai Kecamatan Tanjung Batu Firmansyah M Salin dari PKS, Anggota BPD Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Febri Amansyah dari PAN, lalu Kades Srijabo Kecamatan Sungai Pinang Mulyadi Abdullah dari PAN dan Kades Payalingkungan Kecamatan Lubuk Keliat, H Marsani dari PBB.

“Dari data kita, ada 7 kades  dan satu anggota BPD yang lolos masuk DCT, dan satu kades gugur, karena sampai batas yang ditentukan, tidak bisa membuktikan surat pengunduran diri sebagai kades,’’ ujar Ketua KPUD Ogan Ilir Amtrah Muslimin.

Terpisah, Kepala BPMD Pemkab OI Dicky Syailendra mengatakan, dengan telah ditetapkannya tujuh kades tersebut menjadi DCT untuk ikut menjadi peserta pemilu legislatif, maka secara otomatis pula telah terjadi kekosongan kades  di tujuh desa tersebut.

’’Saat ini sudah kita tunjuk Pjs untuk menggantikan ke tujuh kades yang nyaleg. Tujuannya agar roda pemerintah di desa tidak  vakum. Kita berikan penugasan kepada Pjs kades untuk melaksanakan persiapan melaksanakan pilkades dalam kurun satu tahun ini,’’ ujar Dicky Syailendra.

Masih kata Dicky Syailendra, selain ke tujuh desa yang akan melaksankan persiapan pilkades, juga ada tiga desa yang juga akan melaksanakan kegiatan yang sama (pilkades), namun ketiga desa itu, bukan karena kadesnya nyaleg, melainkan sudah berakhir masa jabatannya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *