165 Ribu Pelanggan Jadi Korban

Ilst Air Bersih

Ilst Air Bersih

PALEMBANG, KS-Pasokan air bersih bagi pelanggan perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Musi, kembali terganggu. Kali ini, sedikitnya 165 ribu pelanggan yang menjadi korban tidak mendapatkan pasokan air bersih.

Hal itu menurut Direktur Teknik PDAM Tirta Musi, Stephanus, disebabkan terjadinya pemadaman listrik di tempat air baku, Intake Karang Anyar, Gandus. Karena listrik padam, otomatis operasional pengambilan air baku di Intake Karang Anyar pun terhenti.

“Ada gangguan di kabel tegangan menengah dari Gardu Induk Bukit Siguntang, sehingga pasokan listrik ke Intake Karang Anyar mati. Akibatnya, kami tidak bisa memasok air baku ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Karang Anyar, IPA Rambutan, IPA 3 Ilir dan IPA Polygon,”kata Stepanus memberikan alasan saat dibincangi, Senin (7/10).

Dia menjelaskan, 165 ribu pelanggan PDAM yang terganggu distribusi air bersihnya itu berada di wilayah Seberang Ilir. Meliputi, Kecamatan Ilir Timur (IT) I, IT II, Kalidoni, Kemuning, Ilir Barat (IB) I, IB II, Bukit Kecil, Sako, Perumahan Bukit Sejahtera, Sukarame dan, Alang-alang Lebar (AAL).

“Gangguan ini sudah sejak 6 Oktober sekitar pukul 23.00 WIB, hingga saat ini belum selesai. Kami telah koordinasikan dengan PT PLN (Persero), PLN berjanji akan mengusahakan secepatnya perbaikan paling lambat pukul 11.00 WIB, besok (Selasa),”bebernya.

Stephanus menjelaskan, terganggunya distribusi air ke pelanggan PDAM Tirta Musi karena menggunakan pompa, sehingga sangat bergantung dengan pasokan listrik dari PLN. “Apabila listrik padam, maka PDAM tidak dapat mengalirkan air ke pelanggan,” bebernya.

Stephanus menambahkan, apabila gangguan listrik dapat diatasi, maka untuk normalisasi pengaliran ke pelanggan yang berada di daerah ujung distribusi, bisa memakan waktu dua hari. Seperti di daerah Madang, Bali, Soak Simpur Ujung, Naskah, Tangga Buntung Ujung, Jembatan III, Lubuk Kawah, Sukarame, Kebun Bunga.

“Untuk itu, kepada seluruh pelanggan yang berada di daerah-daerah tersebut kami mohon maaf atas gangguan pengaliran dan dapat memakluminya. Kami upayakan, jika gangguan listrik sudah diperbaiki PLN, akan segera menormalkan kembali layanan air bersih,”tukasnya

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *