Pengguna Narkoba Tembus 4juta Orang

Ilst. Narkoba

Ilst. Narkoba

Prabumulih, KS-Badan Narkotika Nasional (BNN), mencatat, hingga saat ini ada sekitar 4 juta pengguna narkoba di Indonesia. Para pengguna itu adalah usia produktif antara 19-40 tahun.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BNN Kota Prabumulih dr Sahrizal, saat acara pagelaran seni budaya, di pendopo rumah dinas Walikota Prabumulih, Kamis (3/10).

“Dari 4 juta pengguna narkoba tersebut baru 18.000 orang yang direhabilitasi di pusat pelayanan medis yang digunakan BNN untuk merehabilitasi pengguna narkoba,” ujarnya,

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan bekerja sama dengan seluruh instansi di Kota Prabumulih. “Ya, banyaknya pengguna dan pengedar narkoba dari kalangan muda usai produktif membuat kita merasa khawatir.  Hal ini juga menjadi tanggung jawab semua bukan hanya BNN,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Prabumulih yang dibacakan oleh Asisten III M. Kowi. S.Sos mengatakan dengan adanya peringatan Hari Narkotika Internasional ini, diharapkan dapat mengingatkan dan menyadarkan akan bahaya narkoba.

“Terus kita awasi keseluruh daerah sampai kedesa-desa dan BNN sebagai lembaga yang mengurusi masalah narkoba tidak akan mampu menjangkau dan pencegahan itu semua tanpa keterlibatan kita semua,” ujarnya.

Kabid Sosialisasi dan Pencegahan, BNN Kota Prabumulih, Muhammad Satrio menambahkan, salam upaya pemberantasan narkoba di kalangan pelajar, pihaknya menggelar berbagai kegiatan diantaranya pagelaran seni bagi kalangan pelajar.

“Ini juga sebagai upaya kampanye kepada para pelajar untuk menghindari bahana laten narkotika. Pegelaran seni yang diangkat adalah budaya lokal Prabumulih dan diapresiasikan dengan bentuk vokal, drama dan lainnya,” tuturnya.

Dengan adanya pagelaran seni ini, sambungnya, diharapkan para pelajar SMA sebagai generasi penerus bangsa dapat berpikiran jernih dan sehat serta tidak terkontaminasi dengan narkotika.

“Saat  ini perlu diwaspadai peredaran narkotika yang sudah merambah ke sekolah. Itu perlu dicegah dan harus disosialisasikan kepada generasi muda khususnya pelajar SMA,” ujarnya.

Pada peringatan Hari Narkotika Internasional yang diselnggarakan di pendopo rumah dinas Walikota Prabumulih ini, dihadiri seluruh sekolah menengah atas se Kota Prabumulih, kapolres, Danyon Zipur, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kepala Bagian, Camat, Ketua MUI dan tamu undangan lainnya.

Teks : Irsan Matondang

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *