Kemampuan Penelitian Dosen Harus Ditingkatkan

Ketua YPLP-PT PGRI Sumsel, Drs. H. Aidil Fitrisyah, MM

Ketua YPLP-PT PGRI Sumsel, Drs. H. Aidil Fitrisyah, MM

PALEMBANG | KS-Kualitas penelitian ilmiah di sebuah perguruan tinggi menjadi salah tokok ukur kualitas lembaga pendidikan. Oleh sebab itu meningkatkan kemampuan penelitian di lembaga perguruan tinggi perlu ditingkatkan. Hal itu dikatakan ketua YPLP-PT PGRI Sumsel, Drs. H. Aidil Fitrisyah, MM, dalam pelatihan penulisan proposal penelitian bagi dosen muda, belum lama ini di kampus Universitas PGRI Palembang.

Kegiatan tersebut sengaja digelar untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun penelitian ilmiah  bagi dosen, agar karya penelitian ilmiah para akademisi dapat lebih berkualitas. Sebab dengan peningkatan kualitas penelitian, dapat menjadi prestasi yang di miliki oleh dosen tersebut. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan  dosen mudah tersebut dapat menjadi acuan  bagi kemajuan universitas PGRI,” katanya.

dalam forum yang sama, Dr. Rita Inderawati, M.Pd, Dosen Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya, mengatakan, tolok ukur kemajuan bangsa dilihat dari kualitas dan kuantitas penelitian yang dihasilkan oleh dosen. Melalui penelitian ilmiah ini menurutnya dapat diketahui tingkat kemampuan dosen tersebut.

“Seorang dosen harus memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Penelitian, serta Pengabdian Masyarakat. Dalam konteks ini dosen harus membuat penelitian yang berkualitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) PGRI Palembang, Drs. Bukman Lian MM, MSi rencananya FKIP Universitas PGRI akan membentuk unit Penjamin Mutu (UPM) yang berperan dalam pengembangan dibidang penelitian dan pengabdian, sehingga dosen FKIP PGRI Palembang dapat bersaing dalam mendapatkan hasil penelitian yang lebih signifikan.

“Rencana kita akan membentuk suatu wadah untuk dosen dalam mengembangkan penelitiannya dan ini sebagai suatu binaan dalam memajukan bangsa indonesia,” ujarnya.

Selain itu, internal FKIP Universitas PGRI Palembang akan membentuk juga unit kegiatan mahaiswa (UKM). “Ini bertujuan dalam menghasilkan peneliti muda, sehingga dapat bersaing dengan peneliti lainnya,” katanya.

TEKS : AMINUDDIN

FOTO : IWAN CHERISTIAN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *