5 Komisioner Direbutkan 163 Orang

kpu

PALEMBANG, KS-Jabatan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, ternyata banyak cukup empuk. Buktinya, banyak masyarakat yang berminat menjadi komisioner KPU Kota Palembang.

Itu terlihat sejak dibukanya pendaftaran calon komisioner KPU Kota Palembang oleh tim seleksi (timsel), sudah 163 orang yang mengembalikan berkas pendaftaran ke sekretariat timsel.

“Sampai hari terakhir, pendaftaran calon komisioner KPU Kota Palembang sudah ada 163 berkas pendaftaran yang dikembalikan ke kita,” kata Sekretaris Timsel calon komisioner KPU Kota Palembang, Muhammad Akbar ketika dibincangi, Jumat (4/10).

Sebenarnya jelas Akbar, jumlah berkas pendaftaran yang diambil ke timsel lebih banyak lagi yakni sebanyak 298 berkas. Namun yang dikembalikan sebutnya, hanya 163 berkas saja. Masa pengambilan dan pengembalian berkas pendaftaran sendiri bebernya, dilakukan sejak 30 September sampai 4 Oktober.

“Dari 163 berkas pendaftaran yang dikembalikan itu, di dominasi oleh kalangan profesionel, akademisi. Ada juga dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS), pengacara dan beragam profesi lainnya,” bebernya.

Dari berkas pendaftaran yang dikembalikan  itulah sambungnya, timsel akan melakukan proses seleksi administrasi. Seleksi administrasi sendiri, akan dilakukan pada 5-6 Oktober mendatang.

Kemudian pada 8 Oktober, timsel akan mengumumkan calon komisioner yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Pengumuman itu akan disampaikan di media massa dan kantor timsel.  “Bagi mereka yang lolos seleksi administrasi, pada 10 Oktober akan mengikuti seleksi tertulis. Kemudian 16 Oktober dilanjutkan dengan psikotes,” ucapnya.

Bagaimana dengan komisioner KPU Kota Palembang saat ini, apakah juga semuanya ikut mengembalikan berkas pendaftaran ?, Akbar belum bisa memastikan. “Saya belum tahu, karena belum mengeceknya,” tukasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Ketua Timsel calon komisioner KPU Kota Palembang, Bambang Hariyanto menyebut, seleksi untuk calon komisioner ini akan dibagi dalam lima tahapan dengan sistem gugur. Artinya, jika calon komisioner tersebut lulus pada satu tahapan maka bisa mengikuti tahapan selanjutnya sedangkan yang tidak langsung dinyatakan gugur.

“Ada lima tahapan seleksi yang kita lakukan, pertama seleksi tertulis, kesehatan, psikologi dan wawancara. Untuk empat tahapan, menggunakan sistem akumulasi dengan perengkingan. “Kita targetkan, semua tahapan itu selesai pada awal November, sehingga kita sudah bisa menyerahkan 10 nama kepada KPU Sumsel untuk mengikuti tes kepatutan dan kelayakan,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *