Melihat Lebih Dalam Spesifikasi LCGC Versi Agya dan Ayla

ayla-agla

PALEMBANG| KS – Rasa penasran akan mobil murah kini tengah melanda masyarakat Palembang, pasalnya dua produk Low Cost Green Car (LCGC) yang telah lama dinantikan yakni Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sudah masuk ke pasar otomotif Sumsel beberapa pekan lalu.

Rasa penasaran tersebut terlihat dari tingginya tingkat pemesanan (Inden) atas kedua produk ini yang bisa mencapai 300 unit. Maka tidak heran, Agya dan Ayla diprediksi akan menjadi tulang punggung penjualan dari kedua pabrikan tersebut.

Oleh sebab itu, untuk mengenal lebih detail mengenai kendaraan berkapasitas 1000 cc ini Harian Umum Kabar Sumatera akan membedah lebih dalam mengenai spesifikasi yang dimiliki oleh kedua produk tersebut. Mulai dari Toyota Agya yang akan resmi diluncurkan diluncurkan di Palembang Trade Center (PTC) pada 21 September 2013 lalu.

Yagimin, Branch Manager Auto 2000 Tanjung Api-api (TAA) Palembang, saat ditemui mengungkapkan, produk ini dapat menjadi kebanggaan bangsa karena 84 persen komponen yang terkandung dari Agya merupakan produk asli dalam negeri. “Itulah sebabnya, dalam pembuatan unit Toyota Agya, kami melibatkan para usahawan dalam negeri untuk memproduksi segala komponen yang diperlukan,”ungkapnya kemarin (3/10).

Jika dilihat dari segi tampilan eksteriornya, mobil yang dipasarkan dalam tiga tipe yakni E, G, dan TRD ini memiliki gaya layaknya Toyota Yaris versi kecil. Namun dengan ukurannya yang simple itulah, mobil yang tampil elegan ini tentu akan memudahkan pelanggan dalam menjalankan aktivitasnya terutama di tengah kota yang padat seperti Palembang.

Tidak hanya itu, di bagian belakang juga tesedia bagasi yang dapat difungsikan untuk meletakkan barang. Dari sisi interior, Agya sudah dilengkapi fitur yang lengkap seperti Multy Information Display, Audio, Elegant Combination Meter dan tempat duduk yang nyaman. “ Dengan tingkat fungsional seperti itu, Agya sangat cocok bagi konsumen yang baru pertama kali mengemudikan mobil. Ataupu ibu rumah tangga yang memiliki mobilitas tinggi,”katanya.

Beralih ke sisi mesin, Toyota Agya telah ditopang oleh mesin 3 Silinder sejajar, 12 katup DOHC/ 3 Silinder 12 Valves DOHC sehingga mampu menghasilkan tenaga hingga 6000 rpm dengan maksimal torsi 3600 rpm. Dengan tenaga tersebut mobil ini mampu melaju dengan lebih responsive dan lincah di jalan-jalan kota. Dari fitur pengamanan, Agya telah dilengkapi fitur keamanan yang sudah terstandar yaitu adanyadual SRS airbag yang(tipe G dan TRD).“Walaupun mobil ini adalah mobil murah, kami akan tetap mengedepankan segi keamanannya,”tegasnya.

Sementara untuk Daihatsu Ayla sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Toyota Agya. Hal itu karena kedua unit mobil ini diproduksi di pabrik yang sama, namun yang paling ketara adalah tampilan tubuh (body) dari Ayla yang lebih mirip Xenia dengan versi yang lebih kecil.

David Susilo, Operasional Manager  PT Encartha Palembang, mengungkapkan, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Ayla, antara lain struktur tubuhnya yang ringan dan pembuatan unitnya yang benar-benar detail.“Dengan rangka tubuh yang ringan, maka mesin tidak perlu bekerja lebih keras. Hal inilah yang membuat Xenia lebih irit bahan bakar,”katanya.

Ditambah lagi adanya fitur Eco On/off Indicator yang akan menunjukkan kepada pengemudi cara untuk membuat bahan bakar lebih effisien. “Dengan keunggulan tersebut, Ayla mampu menempuh jarak hingga 29 kilometer dengan hanya menghabiskan satu liter bensin,”katanya.

Selain Ayla juga mampu melintasi berbagai medan lintasan, dan tahan terhadap banjir karena jarak antara bagian bawah mobil dan tanah (Ground Clearance) cukup tinggi.Dengan keunggulan tersebut, David memprediksikan akan adanya lonjakan permintaan terhadap Ayla, yang beberapa minggu ini banyak ditanya warga Palembang

Spesifikasi

Bobot Daihatsu Ayla: 745 kg (berat kosong)

PxLxT (3.580 mm, 1.600 mm, 1.520 mm dan wheelbase 2.450 mm dan radius putar 4,4 meter. Pelat bodi ukuran 0,7 mm dan 0,6 mm)

Kapasitas penumpang Daihatsu Ayla: 5 penumpang (idealnya 4 penumpang).

Mesin Daihatsu Ayla: 3 silinder 1.000 cc 1KR-DE Konsumsi bahan bakar rata-rata bisa mencapai sekitar 22 km/liter.

Dilengkapi Coupe Lines (terinspirasi dari A-concept) Sistem pengereman Daihatsu Ayla menggunakan disc brake di depan, dan tromol belakang Pelek alloy ring 14 untuk depan dan belakang ukuran 175/65.

Transmisi Daihatsu Ayla: manual dan otomatis 5 speed CD player Power window Power steering.

Harga Ayla

Ayla D MT Rp. 78.650.000

*Ayla D + MT Rp. 88.050.000

*Ayla M MT Rp. 93.050.000

*Ayla M AT Rp. 102.100.000

*Ayla X MT Rp. 100.050.000

*Ayla X AT Rp. 109.100.000

Harga Agya

Agya E M/T Rp103 juta

Agya E A/T Rp 113,35 juta

Agya G M/T Rp 109,75 juta

Agya G M/T TRD Rp 114,25 juta

Agya G A/T Rp 119,35 juta

Agya G A/T TRD Rp 123,85 juta

TEKS : JADID ULUL ALBAB.

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *