Lapas Narkoba Bimbing Warga Binaan dengan Cara Islami

Yanuar dan warga bnaan Lapas Narkotika, Muara Beliti

Yanuar dan warga bnaan Lapas Narkotika, Muara Beliti

MUSIRAWAS | KS – Berbagai macam cara untuk bisa mengembalikan seseorang agar menjadi sadar dan menjalani kehidupan yang lebih baik lagi selepas menjalani hukuman  yakni dengan cara pembinaan scara islami. Hal itu yang dilakukan Lapas Narkotika Muara Beliti Musirawas.

“Ya, kami lakukan pembinaan secara islami agar warga binaan Lapas Narkoba setelah bebas nanti dapat terhindar dari dampak Narkoba dan siap menjalani kehidupan dengan akhlak yang lebih baik,” ungkap Kepala Lapas Narkotika Muara Beliti Musirawas, melalui Staf Seksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Keperawatan (Bimaswat), Yanuar di Masjid Lapas Narkotika Muara Beliti, Kamis (3/10).

Menurut Yanuar, untuk pembinaan kerohanian Islam ini pihaknya bekerja sama dengan Ponpes Hubbul Aitam Lubuklinggau dan Bulletin Jum’at As Salam terbitan ICM Lubuklinggau.

“Untuk redaksi As Salam kami percayakan untuk membimbing dasar-dasar Al Qur’an setiap hari Rabu dan berlangganan bacaan Bulleitn As Salam, sedangkan hari lainnya dibina oleh ustadz-ustadzah dari Ponpes Hubbul Aitam, kecuali hari Sabtu untuk gunakan untuk olahraga. Satu lagi, kadang-kadang hari Jum’at kami kedatangan ustadz-ustadz yang sedang jaulah. Tentu kami sangat berterima kasih,” lanjut Yanuar.

Untuk diketahui, sampai saat ini warga binaan Lapas Narkoba berjumlah 326 orang. Selain mendapat bimbingan kerohanian, mereka juga diajari pertukangan, peternakan ayam, pembibitan jangkrik dan budi daya jamur.

“Disini mas kita sifatnya membina bukan menghukum. Tentunya dengan harapan agar mereka nantinya dapat sadar dan bekal ilmu dan keterampilan yang didapat disini dapat berguna untuk mereka nantinya,” ungkap Yanuar kepada wartawan.

Teks : Faisol

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *