Kualitas Udara Memprihatinkan

Ilst. Udara

Ilst. Udara

PALEMBANG, KS-Kualitas udara di Kota Palembang, di klaim oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang, masih dalam batas baku mutu. Artinya kualitas udara di kota empek-empek ini dianggap, masih masih bagus dan normal.

Walau pun begitu menurut Kepala BLH Kota Palembang, Thabrani melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pencemaran Lingkungan, Heni Kurniawati, ada beberapa kawasan di Palembang yang kualitas udaranya sudah diatas baku mutu.

“Ada beberapa kawasan di Palembang, yang kualitas udaranya sudah diambang batas normal yakni di Simpang Charitas, dan kawasan Masjid Agung. Disana, udaranya sudah lebih pekat,” kata Heni ketika dibincangi, Rabu (2/10) di ruang kerjanya.

Menurut Heni, kepekatan polusi udara ini dikarenakan padatnya kendaraan berhenti dengan mesin tetap menyala. Sehingga proses pembakarannya, terlalu banyak dan mengeluarkan karbonmonoksida. “Tapi, semua itu masih dalam tahap wajar. Namun, ada juga saat polusi udara sangat tinggi, ketika ada kebakaran lahan,”bebernya.

Heni mengatakan, dalam satu tahun pihaknya melakukan tes udara sebanyak empat kali, dengan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. “Namun, untuk rutin kami juga tes udara sebulan sekali. Dalam melakukan tes tersebut, kami menggunakan mobil laboratorium untuk meninjau titik polusi udara, seperti yang kami lakukan, Selasa (1/10) lalu dengan menguji kualitas udara di Simpang DPRD Sumsel,” jelasnya.

Heni menyebut, penyumbang terbesar polusi udara di Palembang adalah dari asap yang dihasilkan kendaraan bermotor. Kondisi ini menurunya, semakin diperparah dengan kian banyaknya kendaraan yang berada di jalan-jalan di Kota Palembang.

Karenanya ia berharap, penggunaan mobil pribadi di Kota Palembang dapat di kuranggi sehingga bisa mengurangi asap yang dihasilkan kendaraan. “Penggunaan kendaraan pribadi, sebaiknya dikurangi. Masyarakat sebaiknya menggunakan angkutan massal seperti Transmusi, sehingga bisa mengatasi polusi udara beberapa tahun kedepan,” ucapnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *