Hindari Adu Kambing, Truk Kayu Terbalik

Truk kayu yang terguling di tepi Jalan Ratu Prawira Negara, Musi II, Palembang.

Truk kayu yang terguling di tepi Jalan Ratu Prawira Negara, Musi II, Palembang.

PALEMBANG, KS –Untuk menghindari tabrakan adu kambing, satu unit truk pengangkut kayu yang akan diolah menjadi kertas terbalik di tepi Jalan Ratu Prawira Negara, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang Kamis (3/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

Truk terbalik karena menghindari tabrakan dengan kendaraan roda empat lainnya, yang melaju kencang dari arah belakang truk.

Dituturkan sopir truk, Agung Prabowo, kejadian bermual saat dirinya hendak melanjutkan perjalanan. Sebelumnya, ia bersama seorang temannya memarkirkan truk di tepi Jalan Ratu Prawira Negara karena menunggu rombongan yang lain.

“Kami sudah parkir di sini sejak Kamis (3/10) subuh. Selain menunggu teman, kami juga beristirahat di sini,” kata Agung, yang tinggal di Belimbang Muara Enim ini.

Dilanjutkan Agung, begitu sinar matahari sudah terbit, ia bersama temannya melanjutkan perjalanan. Secara perlahan, ia menginjak pedal gas untuk melajukan truknya. Ia berhenti sejenak di tepi jalan karena menunggu jalan sepi kendaraan.

Tak lama, Agung memutuskan untuk masuk ke permukaan aspal, meski dari kaca spion ia melihat keberadaan mobil pribadi.  Merasa jarak aman, Agung terus melajukan truk untuk masuk permukaan aspal.

“Rupanya, mobil itu melaju cukup kencang sehingga begitu cepat mendekati truk kami. Karena terkejut, saya membanting  truk ke arah kiri,” kata Agung.

Sial, saat belok ke kiri, roda bagian belakang di sisi kiri truk terjerembab lobang. Meski tidak terlalu dalam, permukaan  lobang yang ditutupi air dan ditambah dengan bobot 10 ton kayu di bagian bak truk Agung membuat Agung lepas kendali.

Truk akhirnya oleng dan jatuh di tepi jalan. Puluhan kayu yang akan diantar ke PT Tel Muara Enim pun jatuh di tepi jalan. “Kami tidak menderita luka karena saat kejadian masih dalam keadaan sadar. Hanya saja, perjalanan kami jadi tertunda karena kejadian ini,” kata pria yang mengaku sudah tiga tahun menjalai pekerjaan sebagai sopir truk.

Selain tidak menghadirkan korban jiwa, peristiwan terbaliknya truk kayu yang dikendarai Agung ini tidak menganggu arus lalu lintas di Jalan Ratu Prawira Negara, tepatnya di jalur menuju Musi II Palembang. Truk yang jatuh tidak mengenai tubuh jalan,  begitu pula dengan kayu yang terjatuh dari bak truk.

“Kayu akan kita serahkan ke teman kita untuk dibawa ke Muara Enim. Kami mungkin akan pulang dengan tanpa membawa angkutan,” pungkas Agung.

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *