Giat Belum Kantongi Izin Gangguan

Ilst. Supermarket | net

Ilst. Supermarket | net

PALEMBANG, KS -Giat Ekstra, salah satu supermarket di Palembang walau sudah operasional beberapa waktu yang lalu ternyata sampai saat ini supermarket yang berada di Jalan MP Mangkunegara tersebut, belum memiliki izin gangguan.

Padahal kata Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Palembang, Diankis Julianto, izin gangguan ini wajib di miliki oleh setiap tempat usaha apapun bentuknya. “Prosedurnya, sebelum beroperasi maka tempat usaha itu harus memiliki izin gangguan lebih dahulu,” kata Diankis yang dibincangi, Kamis (3/10).

Tak hanya Giant Ekstra, Diankis menyebut masih banyak tempat usaha lain di kota empek-empek ini belum memiliki izin gangguan padahal usaha tersebut sudah operasional. Lalu apa sanksi bagi badan usaha yang tidak memiliki gangguan ?

Ia menyebut, harusnya badan usaha yang tidak mengantongi izin gangguan tersebut bisa ditutup. “Namun kami tidak berhak melakukannya, sebab kami hanya mengeluarkan izin nya saja,” ucapnya.

Diankis juga menjelaskan, berdasarkan data mereka ada 24.651 permohonan izin yang masuk ke KPPT.  Dari permohonan itu, baru 23.065 izin gangguan yang sudah di terbitkan.  Artinya, masih ada 1.586 izin gangguan yang belum di terbitkan. “Dari ada 24.651 permohonan izin tersebut, 6.593 permohonan izin yang disampaikan untuk izin gangguan,”ungkapnya.

Dia juga mengatakan, permohonan izin tersebut ada yang diterima namun ada juga yang ditolak oleh KPPT. Namun jumlah permohonan yang ditolak, tidak begitu besar. Alasan ditolaknya permohonan dikarenakan berbagai alasan, misalnya karena kondisi yang tidak sesuai di lapangan. Selain itu karena belum membayar retribusi.

“Untuk menentukan layak atau tidaknya, bukan KPPT tetapi dinasnya terkait. Kami hanya mengeluarkan saja, namun memang mayoritas ditolak karena kondisi yang tidak sesuai,”bebernya.

Diankis menghimbau, bagi masyarakat yang ingin mengurus perizinan, agar dilakukan sendiri. Karena bila menggunakan tenaga calo, maka otomatis akan banyak mengeluarkan biaya. Sementara ada sejumlah perizinan yang tidak dikenakan biaya administrasi sama sekali, misalnya izin praktek bidan. “Disini semua transparan, dan pengurusannya juga mudah dan cepat. Karena itu sangat sayang, kalau masyarakat masih menggunakan tenaga calo,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *