4000 e-KTP Hilang

ektp

PALEMBANG, KS -Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palembang mencatat hingga September lalu, sudah ada 4.000 warga yang melaporkan kehilangan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Namun, hingga saat ini belum ada tanda-tanda dari pemerintah pusat untuk mengirimkan kembali e-KTP baru, sebagai pengganti yang hilang. “Memang cukup banyak yang kehilangan e-KTP. Karena ini sistemnya dari Kemendagri, kita tidak bisa mencetak sendiri. Sampai sekarang belum ada informasi untuk penggantian e-KTP yang hilang ini,”kata Kepala Dukcapil Palembang, Ali Subri ketika dibincangi, Kamis (3/10).

Menurut Ali, kebanyakan e-KTP yang hilang ini akibat dicopet atau dijambret. Namun jelasnya, ada juga yang kehilangan e-KTP karena kelalaian seperti lupa dimana menyimpannya.

Karena belum adanya pergantian e-KTP yang hilang ini maka untuk warga yang kehilangan e-KTP tersebut hanya diganti dengan KTP sementara. “Kami akan laporkan dulu ke Kemendagri, untuk penggantian e-KTP yang hilang ini,” ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk penggantian e-KTP yang hilang tersebut harus ada syarat yang dipenuhi. Yakni warga bersangkutan harus membuat surat kehilangan dari kepolisian, kemudian surat dari kecamatan baru laporkan ke Dukcapil. “Nanti, akan kami data kemudian kami laporkan ke pusat,”bebernya

Warga yang kehilangan e-KTP ini sambung Ali, tidak akan melakukan perekaman data lagi. Karena, datanya sudah ada di database Dirjen Dukcapil Kemendagri. “Mudah-mudahan, sebelum akhir tahun ini sudah akan diganti. Kami himbau untuk warga yang lain agar benar-benar menjaga E-KTP, jangan sampai hilang. Karena untuk mengganti baru butuh waktu,”harapnya.

Untuk keseluruhannya, Ali menyebutkan, hingga saat ini masih ada sekitar 20.400 E-KTP lagi yang belum dicetak. “Jumlah ini sudah menurun dibandingkan sebelumnya yang mencapai 24.220 E-KTP,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *