Rekam Data e-KTP Jemput Bola Hingga ke Sekolah

Ilst. Scanning Mata

Ilst. Scanning Mata

PALEMBANG, KS-Berdasarkan Undang-undang (UU) No 23 tahun 2006, warga negara Indonesia berumur 17 tahun, wajib memiliki elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP). Untuk mewujudkan UU tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, akan melakukan jemput bola dengan mendatangi sekolah-sekolah guna melakukan perekaman data kepada pelajar yang sudah menjadi wajib e-KTP.

Untuk tahap awal menurut Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Ali Subri, pihaknya akan melakuan rekam data kepada pelajar yang sudah masuk wajib e-KTP tersebut di 20 sekolah yang ada di metropolis.

Sementara sekolah-sekolah yang lain kata Ali, akan menyusul sambil menunggu instruksi dari Wali Kota Palembang. “Pelajar yang akan di rekam datanya untuk e-KTP ini, adalah pelajar yang sudah berusia 15-16 tahun,” jelas Ali ketika dibincangi, Rabu (2/10).

Ia menjelaskan, Disdukcapil saat ini telah melakukan perekaman data terhadap 2000 pelajar dari empat sekolah yakni SMA N 1, SMK N 2, Sekolah Islam Az-Zahra dan MAN 2. Perekaman data tersebut bebernya, dilakukan sejak 23 September yang lalu. “Bagi mereka yang melakukan perekaman ini,  nanti setelah umur 17 tahun baru akan di berikan e-KTP nya karena itu sesuai dengan UU,”tukasnya.

Sebagai informasi, e-KTP sendiri di launching pertama kali oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Februari 2011 lalu. Pelaksanaanya dilakukan dua tahap. Tahap pertama dimulai pada tahun 2011 dan berakhir pada 30 April 2012 yang mencakup 67 juta penduduk di 2348 kecamatan dan 197 kabupaten/kota.

Sedangkan tahap kedua mencakup 105 juta penduduk yang tersebar di 300 kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Secara keseluruhan, pada akhir 2012, ditargetkan setidaknya 172 juta penduduk sudah memiliki e-KTP

Sementara di Palembang, program e-KTP sudah di mulai sejak pertengahan Maret 2012 lalu. Pemkot disebut, sudah berhasil merekam data terhadap 915.417 wajib e-KTP di metropolis. Palembang pun menjadi kota percontohan untuk penerapan e-KTP.

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *