Pemkab PALI akan Fasilitasi Pembentukan Forum CSR

Amirudin Tjikmat, PLT Sekda PALI

Amirudin Tjikmat, PLT Sekda PALI

PALI | KS-Usulan masyarakat yang menghendaki pembentukan Forum CSR akhirnya mendapat tanggapan positif dari Pemerintah Kabupaten PALI.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten PALI, Drs Amirudin Tjikmat saat dibincangi KabarSumatera, Rabu (2/10) di perkantoran Pemkab PALI Km 10 secara terbuka menyambut usulan tersebut. “Kemarin waktu diskusi terbuka di Pesos wacana itu kan sudah dilontarkan kawan-kawan. Dan itu positif. Kita sangat mendukungnya,” ujar pejabat yang pernah menjadi camat Talang Ubi itu.

Amiruddin menegaskan saat ini pihaknya masih menunggu hasil rekomendasi dari panitia diskusi itu. Harapannya dari rekomendasi itu akan wacana itu dapat dikemukakan, sehingga pihak Pemkab dapat memfasilitasi pembentukan Forum CSR seperti yang diminta aktifis LSM, Ormas dan Pers beberapa pekan silam.

“Kita lihat nanti seperti apa rekomendasinya. Harapan kami usulan itu direkomendasikan. Sehingga nanti akan kita diskusikan dengan Bapak Bupati. Baru setelah itu kita tindak lanjuti,” terang Amirudin.

Pembentukan Forum CSR itu bagi Amirudin, akan sangat bermanfaat dalam mendukung program Pemkab. “Tidak semua program bisa kita tampung di APBD. Sebagai DOB baru, anggaran kita terbatas. Dengan adanya Forum CSR akan membantu Pemkab dalam melayani masyarakat”

Menurut Amirudin, bila nanti dibentuk Forum CSR, akan digawangi oleh pihak perusahaan sendiri. “Nanti kita kumpulkan perusahaan di Kabupaten  PALI. Kita minta mereka membentuk Forum CSR dan terserah mereka akan menunjuk siapa yang akan jadi ketua,” tegasnya.
Yang jelas, lanjut Amirudin, nanti bila ada program yang tidak tertampung di APBD akan kita usulkan dalam Forum CSR. “Kita tinggal bilang, ini kewajiban anda. Setelah itu terserah bagaimana cara perusahaan itu membangunnya. Kita tahunya beres,” tambah Amirudin.

Amirudin juga tidakmenolak bilamana pihak perusahaan akan meminta Pemkab yang jadi koordinatornya. “Bisa saja pejabat di Pemkab yang jadi ketua atau koordinator. Tapi biasanya, Bappeda akan jadi mitra dari pihak Pemkab”.

TEKS/FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *