Kesenian Daerah PALI Harus Lebih Berkembang

Atraksi penari Sambut saat menyambut Bupati Pali di Desa Curup

Atraksi penari Sambut saat menyambut Bupati Pali di Desa Curup

PALI, KS-Wajah Ir Heri Amalindo, Penjabat Bupati PALI betul-betul sumringah. Tak henti-hentinya bibirnya menyunggingkan senyum. Berbagai atraksi yang ditampilkan warga Kecamatan Tanah Abang telah menghibur orang nomor satu di Kabupaten PALI itu.

Saat melantik tiga Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Tanah Abang, Rabu (2/10), begitu tiba dilokasi Heri langsung disuguhi pencak silat. Dengan menggunakan senjata sungguhan, Heri menyaksikan langsung atraksi seni beladiri asli Indonesia.

Tak sampai disitu, begitu memasuki tenda, Heri disuguhi tari Sambut khas Kabupaten PALI. Dengan diiringi gendang dan gong kecil, Heri disambut lima dara cantik dan tiga perjaka yang membawakan Tari Sambut. Sebuah tarian yang berbeda dengan tari Gending yang biasa dikenal.

Setelah rombongan dipersilakan duduk, sebuah tari tradisional kembali disuguhkan. Kali ini Tari Jogi yang juga tari khas Kabupaten PALI. Dan suguhan yang membuat warga yang hadir tak henti-hentinya bertepuk tangan adalah tari Senjang. Sebuah tari yang pergaulan yang diselingi pantun bersahut. Seperti muda-mudi zaman dahulu, pantun bersahut ini membuat penonton tidak menyadari panas matahari sudah meninggi.

Saat memberikan sambutan, penjabat Bupati langsung memberikan apresiasi dan berjanji akan segera membentuk Dewan Kesenian PALI yang akan dijadikan wadah pembinaan kesenian daerah.

Heri berharap, kesenian daerah jangan hanya menjadi ladang kreasi bagi seniman yang sudah berumur saja. Melainkan dapat melibatkan para remaja sehingga kesenian khas daerah tidak punah. “Kalau hanya generasi tua saja, nanti kalau mereka sudah tiada siapa yang meneruskan? Untuk itu mari anak-anak muda untuk mengembangkan kesenian khas kita,” ujar Heri yang juga menjanjikan akan membantu perlengkapan seperti seragam demi perkembangan kelompok kesenian.**
TEKS/FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *