Kanwil Kemenag Sumsel Akan Sosialisasikan Kurikulum 2013

Ilst. Kurikulum

Ilst. Kurikulum

PALEMBANG | KS-Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel akan melakukan sosialisasi dan mengedarkan materi kurikulum 2013 untuk pelajaran agama. Penyebaran sosialisasi dan materi tersebut akan berlaku baik itu untuk sekolah umum dan madrasah.

“Dalam mensosialisasikan materi kurikulum 2013 untuk  pelajaran agama telah dipersiapkan dengan matang, dan pelaksanaannya akan dilakukan pada minggu-minggu ini,” ujar Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Sumsel, Drs. Ahmad Fauzie, Rabu (2/10).

Ahmad menambahkan, pihaknya telah mengirim 15 guru untuk dilatih oleh Kemenag Pusat tentang kurikulum baru ini. Nantinya para guru tersebut akan menjadi guru inti yang akan mensosialisasikan materi yang telah mereka terima ke berbagai sekolah yang ada di Sumsel.

“Saat ini pihaknya menunggu kepulangan para guru tersebut, setelah itu mereka akan langsung mengadakan sosialisasi kepada guru lainnya di Sumsel,” tambahnya.

Dana sosialisasipun telah siap untuk pelatihan sekitar 2.000 guru agama yang ada di Sumsel. Selain itu pihak kemenag pusat juga telah menyusun silabus kurikulum baru untuk acuan para guru agama.

“Akan tetapi untuk saat ini silabus tersebut masih berada di pusat, hal yang sama juga terjadi untuk buku yang akan dipakai para siswa,” tuturnya.

Pada tahun ini kurikulum baru tersebut memang belum bisa diterapkan. Hal ini dikarenakan, pihak Kemenag ingin benar-benar mempersiapkannya secara matang dan terkoordinir. Ini juga berkaca pada penyelenggaraan kurikulum 2013 yang juga mempunyai masalah tersendiri.

“Jadi kemungkinan besar baru pada tahun 2014 kurikulum ini akan diberlakukan dan itu wajib untuk semua sekolah,” ungkapnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *